Tips Biar Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Tips Agar Tidur NyenyakWalaupun terlihat sepele, namun tidur adalah kegiatan penting yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Seseorang yang mengalami gangguan masalah tidur biasanya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuhnya.

Bahkan menurut hasil penelitia, kurang tidur bisa berkontribusi terhadap masalah kesehatan, mulai dari badan merasa lemas sepanjang hari, sampai pada peningkatan risiko serangan jantung. Apabila anda termasuk orang yang mempunyai masalah dengan kurang tidur, dan ingin mengubah kebiasaan tersebut. Anda bisa coba menerapkan tips berikut ini.

Kasur
Posisi tubuh saat berbaring tidur sangat penting. Untuk itu anda perlu sebuah kasur yang tepat untuk tidur. Tujuannya adalah agar tulang belakang anda tidak mengalami nyeri punggung saat bangun. Selain memakai kasur yang tepat, kontur kasur juga harus disesuaikan besarnya tubuh anda.

Kain sprei
Untuk menghindari bakteri, debu atau mengatur suhu badan, kebersihna kain sprei harus diperhatikan. Sehingga anda bisa bernapas secara bebas tanpa adanya gangguan materi “beracun”. Selain itu, pilihlah sprei dan kasur yang tepat. Artinya tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, sebab hal itu bisa mengganggu kesehatan anda.

Bantal
Selain kasur dan sprei, aksesoris lain yang juga mendukung anda untuk tidur nyenyak adalah bantal. Bantal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan tidur. Agar tidur anda bisa lebih nyenyak, pakailah bantal yang nyaman dimana ini bisa mencegah kelembaban di leher dan kepala anda.

Waktu
Anda perlu menetapkan waktu untuk tidur dan bangun. Biasakan tidur dan bangun diwakt yang sama. Selain untuk membiasakan diri, hal ini sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kurangi tidur siang
Hindarilah untuk tidur siang terlalu lama, sebab hal itu bisa membuat Anda tidur larut malam. Sementara, tidur siang cepat bisa menyegarkan otak tapi tidur siang dalam waktu lama bisa menggangu pola tidur malam Anda.

Ruangan yang dingin
Usakanan untuk membuat ruangan tetap dingin, sebab tidur di tempat yang terlalu panas bisa menyebabkan anda mengalami sulit tidur.

Hindari makanan berat
Kurangi dan kalau bisa hindari mengonsumsi makanan berat saat anda ingin pergi tidur, ataupun menonton televisi dan film. Pasalnya, semua itu bisa menggangu anda untuk mendapat tidur yang lebih baik.

Hindari rokok dan alkohol
Banyak orang memilih alkohol dan rokok sebelum tidur. Tujuannya mungkin baik, yaitu untuk membantu cepat tidur. Padahal, hal tersebut justru bisa memperburuk kondisi tubuh dan jauh tidur nyenyak anda.

loading...
Tips Biar Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam Hari | admin | 4.5