Tidur Teratur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Tidur TeraturPada dasarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ketat hingga menempuh jalan instan agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Tapi, tahukah Anda? Sebenarnya ada cara alami yang mampu membantu untuk menurunkan berat badan yaitu dengan tidur yang teratur.

Tidur yang teratur bisa membantu untuk menurunkan berat badan, dimana berdasarkan penelitian menemukan bahwa wanita yang tidur selama tujuh jam sampai sembilan jam pada malam hari memiliki berat badan yang ideal dari orang-orang yang kurang tidur. Para peneliti percaya bahwa mereka yang tidur kurang dari tujuh jam malam akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Seperti dilansir dari Popsugar.com.

Manfaat Tidur Teratur

Manfaat tidur yang teratur salah satunya dapat mengurangi lemat perut, kecemasan dan stress adalah kontributor besar untuk masalah perut dan lemak, mendapatkan tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk mengalahkan keduanya. Ketika kurang tidur akan membuat hormon cortisol melonjak sehingga nafsu makan meningkat tinggi dan membuat tubuh cepat gemuk, kurang tidur juga dapat mempengaruhi tingkat kecemasan dan stress seseorang.

Pada saat tidur, tubuh memproduksi hormon Leptin dan Ghrelin, kedua hormon ini mengatur tingkat kelaparan dan merangsang nafsu makan. Kurang tidur dapat menurunkan kadar Leptin sekaligus meningkatkan tingkat Ghrelin yang menyebabkan makan berlebihan. Penelitian terakhir menemukan bahwa wanita yang kurang tidur akan mengkonsumsi makanan rata-rata 300 lebih banyak kalori daripada orang yang mendapatkan tidur yang cukup atau teratur.

Kurang tidur memang lebih cenderung menjadi lapar karena tubuh membutuhkan banyak energi, persamaannya kurang tidur sama dengan kurang energi, sehingga tak jarang ketika kurang tidur nafsu makan akan meningkat atau makan berlebih. Intinya, jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, selain olah raga teratur dan asupan makanan yang sehat, juga tidur yang cukup selama tujuh jam sampai sembilan jam per hari.

loading...
Tidur Teratur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan | admin | 4.5