Tak Sekedar Memberi Rasa Manis, Gula Juga Banyak Manfaatnya

Manfaat Gula untuk KesehatanGula merupakan bahan pemberi rasa manis pada setiap makanan ataupun minuman. Namun tahukah Anda jika ternyata gula tidak hanya sekedar memberi rasa manis. Seperti yang dari laman Boldsky, dalam beberapa cara gula justru bisa menyehatkan dan memberikan beberapa keuntungan.

Berikut ini adalah 5 manfaat gula untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber energi instan
Gula adalah makanan yang paling cepat untuk memberikan energi tambahan. Gula secara cepat bisa menjadi fruktosa untuk mengirim glukosa ke dalam aliran darah. Oleh karenanya, banyak atlet menggunakan gula untuk menambahkan energi secara instan.

2. Penghalau rasa lapar
Karena tinggi kandungan kalori, maka makanan yang mengandung gula sangat baik untuk menghalau rasa lapar.

3. Obat kecanduan alkohol dan rokok
Gula mengandung zat adiktif cukup tinggi, sehingga bahan makanan ini seringkali digunakan oleh para terapis untuk mengatasi kecanduan terhadap alkohol dan rokok.

4. Meningkatkan tekanan darah
Orang yang menderita tekanan darah rendah, disarankan untuk mengkonsumsi cukup gula untuk meningkatkan tekanan darah hingga batas normal. Namun seberapa kadar gula yang harus dikonsumsi harus diperiksa oleh tenaga medis, supaya asupan gula tetap dalam kondisi aman.

5. Meningkatkan berat badan
Asupan gula juga sangat dibutuhkan untuk orang yang mengalami kekurangan berat badan. Kelebihan kalori di dalam tubuh, yang disebabkan oleh gula, dapat menambahkan bobot tubuh seseorang. Namun bila Anda sudah memiliki cukup lemak, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi gula terutama gula buatan.

Dalam beberapa hal, gula memang baik untuk kesehatan Anda, namun yang harus diingat adalah, terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan obesitas, peyakit jantung, bahkan diabetes. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan perhatikan konsumsi gula Anda.

loading...
Tak Sekedar Memberi Rasa Manis, Gula Juga Banyak Manfaatnya | admin | 4.5