Tak Hanya Menyegarkan, Blewah Juga Punya Banyak Manfaat

Gambar Blewah - Manfaat BlewahSelain timun suri, blewah juga merupakan salah satu buah favorit yang banyak diburu saat bulan puasa. Daripada dimakan secara langsung, blewah lebih banyak dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai campuran minuman yang menyegarkan. Tak hanya memberikan kesegaran, mengonsumsi blewah juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam blewah. Setidaknya, dalam 100 gram blewah terkandung energi 39 kalori, karbohidrat 10,2 gram, vitamin c 36,7 mg, vitamin A 3282 IU. Selain itu blewah mempunyai monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Air merupakan kandungan yang paling mendominasi. Karena itu tidak mengherankan jika blewah sangat cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Berikut ini adalah sebelas manfaat blewah untuk kesehatan:

1. Menyehatkan mata
Karena banyak mengandung vitamin A, maka mengonsumsi blewah mampu menyehatkan indera penglihatan kita.

2. Menjaga kesehatan gusi
Karena vitamin C yang tinggi, maka mengonsumsi blewah juga berkhasiat menjaga kesehatan mulut dan gusi.

3. Menurunkan tekanan darah
Kandungan vitamin C dan kalium pada blewah juga mampu menjaga tekanan darah.

4. Memelihara kesehatan kulit
Vitamin A dalam blewah juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Sementara vitamin C bermanfaat untuk membantu sintesis kolagen.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A dan C dalam blewah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan beta-karoten juga menjadi antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit.

6. Menurunkan kolesterol
Tingginya vitamin C dalam blewah mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga bermanfaat mencegah pembekuan darah dan memperkuat dinding kapiler.

7. Penangkal insomnia
Sifat sedatif (obat tidur) juga dimiliki oleh buah blewah. Jadi, blewah sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai masalah dengan gangguan tidur. Ingin tidur pulas? Makan blewah!

8. Mencegah kanker rahim
Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat dapat berisiko terkenan kanker rahim. Namun dalam buah blewah kebutuhan Anda akan 3 nutrisi tersbut sudah bisa terpenuhi.

9. Membantu pencernaan
Konsumsi blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam blewah.

10. Aman untuk penderita diabetes
Blewah ternyata juga memiliki indeks glikemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terdapat pada buah blewah adalah gula alami sederhana, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga dapat mengurangi asam urat.

11. Baik untuk wanita hamil dan janin
Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru, yang penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

loading...
Tak Hanya Menyegarkan, Blewah Juga Punya Banyak Manfaat | admin | 4.5