Sumber Asupkan Karbohdrat yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Setiap orang yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh yang langsing maka mereka biasanya akan menghindari konsumsi makanan tinggi karbohidrat, seperti misalnya nasi putih.

Nasi putih memang bisa meningkatkan risiko kegemukan karena membuat tubuh menumpuk gula dan lemak. Namun, ternyata ada juga jenis makanan sumber karbohidrat ‘baik’ yang aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang program diet untuk melangsingkan tubuh. Bahkan asupan karbohidrat tersebut justru bisa membantu menurunkan berat badan. Berikut diantaranya sebagaimana yang dikutip dari detikHealth.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau diketahui memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Namun untuk lebih mendapatkan manfaat sehatnya, gunakan kacang segar dan bukan kacang olahan karena biasanya produk semacam ini juga mengandung bahan pengawet. Kacang-kacangan seperti kacang polong juga mengandung karbohidrat, asam folat, serat, vitamin dan protein yang diperlukan oleh tubuh.

2. Ubi jalar

Ubi jalar dicerna oleh tubuh secara perlahan, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membuat Anda kenyang lebih lama. Asupan ini kaya akan vitamin C, serat dan kalium.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian biasanya lebih sedikit mengalami pemrosesan, sehingga nutrisi-nutrisi baik yang dimilikinya masih tersimpan dengan sempurna dan tak rusak.

Selain itu, konsumsi biji-bijian dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu peningkatan metabolisme tubuh. Pilihlah biji-bijian seperti gandum, oat, barley dan beras merah.

4. Sayur-sayuran

Selain serat, sayur-sayuran juga kaya akan karbohidrat dan berbagai nutrisi penting lain seperti zat besi, vitamin dan kalium. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pilihlah sayuran berwarna gelap seperti bayam. Sayuran lainnya yang juga bisa menjadi pilihan adalah kubis, wortel, tomat dan paprika.

5. Buah-buahan

Buah-buahan kebanyakan terdiri dari karbohidrat sederhana, protein, dan sedikit lemak. Beberapa pilihan sehat yang bisa Anda konsumsi antara lain pisang, apel, jeruk, stroberi dan aprikot.

Memiliki indeks glikemik sedang, konsumsi sebuah pisang sebelum latihan fisik akan membantu proses pembentukan otot dan membuat Anda lebih berenergi. Manfaat tambahan energi juga bisa didapat dari konsumsi apel.

loading...
Sumber Asupkan Karbohdrat yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan | admin | 4.5