Resep: Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Merah

Gambar Bakpao Isi Kacang Merah - Resep Cara Membuat Bakpao Isi Kacang MerahBakpao adalah salah satu jenis makanan tradisional orang Tionghoa. Bakpao dalam bahasa Hakka/Khek artinya “yukppao/Yugppao” yang mempunyai arti sama dengan “Daging Berbungkus”.

Isi bakpao bisa berupa daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki (kacang merah), kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera.

Karena sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang betapa banyaknya manfaat kacang merah untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya jika sekarang kita membuat kreasi makanan dari kacang merah, yaitu bakpao isi kacang merah.

Untuk membuat adonan bakpao isi kacang merah, beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan adalah 500 gr tepung terigu rendah protein, 400 ml susu cair (hangatkan),150 gr tepung soft mix (tepung khusus penghalus bakpao), 2 sdm mentega putih, 1 sdm ragi instan, 1 sdm gula pasir dan setengah sdt garam.

Sementara untuk bahan pembuat adonan isi bakpao kacang merah adalah: 300 gr kacang merah kaleng (tiriskan, haluskan), 200 ml air , 100 gr gula pasir, 50 ml minyak goreng dan seperempat sdt garam.

1. Cara membuat adonan bakpau

Campur susu hangat, ragi, dan gula pasir, aduk rata lalu diamkan selama beberapa menit hingga berbuih. Sisihkan.

Campur tepung terigu, tepung soft mix, dan garam. Aduk rata dan campur susu. Uleni hingga adonan rata. Tambahkan mentega, uleni lagi hingga kalis dan tidak lengket di tangan.

Bulatkan adonan, taruh dalam baskom, tutup dengan serbet bersih yang sudah dibasahi, diamkan hingga adonan mengembang dua kali volume semula, tonjok adonan hingga kempes.

Bagi adonan jadi 10 bagian, bulatkan masing-masing adonan, diamkan hingga mengembang sekali lagi.

2. Cara membuat adonan isi kacang merah

Haluskan kacang merah bersama air, tuangkan dalam panci, masak bersama gula pasir dan garam, aduk hingga padat. Angkat, tambahkan minyak goreng, aduk hingga minyak goreng terserap.

3. Cara membuat bakpao isi kacang merah
Ambil adonan bakpao, pipihkan, iris dengan 1 sdm adonan isi kacang merah, bulatkan kembali. Beri sedikit guratan pada permukaan adonan bakpao. Diamkan hingga mengembang.

Kukus dalam dandang panas selama 15 menit hingga bakpao matang. Kemudian angkat dan sajikan.

loading...
Resep: Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Merah | admin | 4.5