Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Penyebab Ibu Hamil KeguguranPada usia kehamilan tiga bulan pertama, perlu dilakukan perawatan ekstra untuk menjaga janin sehat dan tidak terjadi keguguran.

Pada periode tiga bulan awal (trimester pertama), ibu hamil harus menjaga asupan makanan guna menjaga janin dari cacat lahir. Jumlah kondumsi asam folat sebaiknya adalah 400 mg setiap hari selama 12 minggu untuk menjaga kesehatan bayi.

Asam folat merupakan vitamin B yang larut dalam air. Banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau gelap, misalnya bayam, kangkung, sawi, atau brokoli. Ibu hamil dilarang keras makan ikan mentah, seperti sushi dan sashimi.

Melakukan hubungan seksual saat hamil muda boleh saja dilakukan. Namun pada usia tiga bulan pertama kehamilan, sebaiknya frekuensi hubungan seksual tidak dilakukan sesering biasanya untuk menghindari terjadinya keguguran spontan.

Selain itu, perlu juga diperhatikan posisinya agar tidak menindih perut, lantaran rahim masih lemah di usia kehamilan muda. Yang tak kalah penting adalah perlunya dilakukan koitus interuptus, yaitu ejakulasi sperma di luar vagina. Sebab sperma mengandung prostaglandin yaitu zat yang bisa merangsang kontraksi uterus, sehingga bisa menyebabkan keguguran.

Selain karena penyebab di atas, penyebab keguguran lainnya bisa juga karena trauma pada perut, penyakit, atau hal-hal ringan seperti nutrisi yang kurang bagus. Bisa juga karena kekejangan otot rahim yang kuat.

loading...
Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda | admin | 4.5