Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Pegal Linu

Penyebab Badan Pegal Linu dan Cara MengatasinyaPegal linu adalah rasa nyeri di otot yang dipicu oleh kelelahan yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Namun demikian, saat seseorang mengalami pegal linu, hal tersebut membuat penderita merasa tidak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pegal linu biasanya menyerang pada daerah persendian seperti leher, punggung, lengan, kaki dan pundak yang biasanya disebabkan oleh kekakuan pada otot dan bisa terjadi pada siapa saja.

Rasa pegal dan linu di tubuh ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Ternyata pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu.

Pegal linu biasanya dipicu jika seseorang duduk dalam jangka waktu lama terutama pada pekerja yang diharuskan duduk berjam-jam di belakang meja, mengangkat beban terlalu berat, kurang olahraga, salah posisi tubuh dalam melakukan aktivitas fisik, melukis berjam-jam atau akibat ketegangan emosi.

Penyebab Badan Merasa Pegal Linu

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pegal linu pada tubuhnya:

  • Duduk di perjalanan panjang atau terlalu lama di depan komputer, menyebabkan kaki dan pinggang terasa pegal dan nyeri. Penyebabnya pinggul terlalu lama menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.
  • Begadang bisa menyebabkan leher terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tidak terlalu pagi dan cukupi kebutuhan istirahat sebanyak delapan jam setiap hari.
  • Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi dan posisi yang salah bisa menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena aliran darah ke kepala tidak lancar. Biasanya bantal ortopedi bisa membantu mengurangi rasa pegal karena bentuknya tepat menyangga leher.
  • Olahraga berguna untuk meregangkan otot dan melumasi setiap sendi sehingga Anda bisa bergerak leluasa dan ringan. Sebaliknya, ketika Anda jarang atau tidak pernah berolahraga, ibarat besi berkarat, tubuh mudah nyeri dan pegal. Namun, olahraga berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena otot bisa “robek”.
  • Jika aktivitas sehari-hari terlalu banyak menggunakan tangan, selain kaku, tangan juga kerap kali kesemutan. Misalnya, terlalu sering memencet keypad smartphone atau mengiris bumbu. Solusinya, berikan “jam bebas” pada tangan sehingga bisa beristirahat.
  • Terlalu lama berada di area berpendingin ruangan bisa memunculkan rasa lelah dan pegal. Karenanya sempatkan untuk ke luar sebentar dan berjemur ke tempat yang terkena sinar matahari.
  • Pergantian udara dari panas ke dingin atau sebaliknya dapat menyerang saraf-saraf di kepala sehingga menimbulkan sakit kepala sebelah atau di seluruh kepala.
  • Saat Anda pergi beraktivitas, jangan memasukkan semua barang bawaan Anda dalam satu tas, termasuk laptop. Taruhlah laptop di tas terpisah, agar beban tidak bertumpu pada satu lengan saja. Ingat, beban yang terlalu berat bisa memicu pegal.

Cara Mengatasi Pegal Linu

Bila bukan karena masalah medis, maka pegal linu biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dengan cara:

  • Beristirahat
  • Melakukan peregangan dan pemijatan untuk membuat otot rileks
  • Mengonsumsi cairan yang cukup
  • Memperbaiki postur tubuh yang salah dalam melakukan aktivitas atau duduk.

Namu bila ternyata rasa pegal dan linu yang dirasakan oleh tubuh tidak juga kunjung sembuh atau kerap kali muncul, maka ada baiknya bila pasien melakukan konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah ada kondisi medis yang menyertainya yang menyebabkan badan pegal linu.

loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Pegal Linu | admin | 4.5