Pare, si Pahit yang Kaya Manfaat

Manfaat Sayur Pare untuk KesehatanPare merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai rasa pahit getir. Namun demikian tidak lantas membuat orang untuk jera dan berhenti memakannya. Hal ini mungkin karena banyak yang sudah tahu kalau pare mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah pare bisa membantu menurunkan berat badan.

Pare mengandung fixed oil, yang menyerupai protein insulin (polipeptida P atau insulin sayuran), glikosida, alkaloid (momordicine), elasterol, dan hydroxytryptamine. Selai itu pare juga mengandung asam folat, vitamni (A, C, B1, B12, E), mineral, patotenic acid, lutein, likopen, dan serat.

Karena nutrisinya yang sarat, tanaman yang berasal dari kawasan Asia ini, memiliki beberapa manfaat baik untuk tubuh, di antaranya:

1. Membantu menurunkan berat badan
Minum dua gelas jus pare yang dicampur susu, tiga kali sehari bisa menggempur lemak tubuh. Karena itu sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

2. Obat diabetes
Kandungan senyawa insulin pada pare sangat efektif dalam menjaga naiknya kadar gula dalam darah.

3. Mabuk
Jus pare dapat membantu menetralkan serta memulihkan tubuh akibat terlalu banyak minum minuman beralkohol atau mabuk.

4. Melancarkan aliran darah
Rutin minum jus pare setiap pagi dapat membantu memperlancar aliran darah, yang bisa mencegah berbagai jenis penyakit kulit. Seperti, psoriasis dan infeksi jamur (kurap atau kudis), gatal-gatal, bisul serta jerawat.

5. Baik untuk mata
Pare mengandung beta-karoten dalam jumlah yang tinggi, sehingga baik untuk membantu mengurangi masalah penglihatan serta memelihara kesehatan mata.

6. Menjaga kekebalan tubuh
Makan pare secara teratur dapat dapat meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh.

7. Mengobati kolera
Campuran jus pare dengan bawang merah dan air jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati penyakit kolera pada tahap awal.

8. Mengatasi sembelit
Pare mengandung selulosa yang bisa mencegah sembelit dan juga baik untuk membantu dalam merangsang sekresi asam lambung.

9. HIV
Uji laboratorium menunjukkan bahwa senyawa dalam pare mungkin efektif untuk mengobati infeksi HIV. Senyawa enema dari ekstrak pare menunjukkan beberapa manfaat pada orang terinfeksi HIV. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, sebelum dapat direkomendasikan.

loading...
Pare, si Pahit yang Kaya Manfaat | admin | 4.5