Olahraga Ringan untuk Mencegah Varises Pada Ibu Hamil

Olahraga untuk Mencegah Varises pada Ibu HamilIbu hamil seringkali dihantui berbagai masalah, misalnya saja varises. Varises adalah pembengkakan atau tonjolan pada pembuluh darah yang berada dekat permukaan kulit. Kondisi ini biasanya berwarna biru atau ungu yang sebagian besar muncul di kaki, meskipun kadang bisa juga di tempat lainnya. Tonjolan pembuluh darah ini membuat gatal, kaki terasa berat dan sakit, kulit di sekitar varises terasa berdenyut atau bahkan rasa seperti terbakar.

Varises saat hamil biasanya terjadi ketika rahim memberikan tekanan kepada pembuluh darah vena besar (inferior vena cava) yang membawa darah kembali ke jantung dari kaki. Selain akibat karena tekanan dari rahim, varises juga bisa muncul akibat perubahan hormon. Saat hamil terjadi peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan perubahan fisik dan psikis. Namun kondisi ini umumnya tidak berbahaya bagi kehamilan.

Rajin melakukan olahraga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi varises pada ibu hamil. Namun karena ibu hamil tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang berat, maka ibu hamil bisa melakukan olahraga yang ringan saja.

Untuk menghindari terkena varises pada saat sedang hamil, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Bersepeda
Dengan bersepeda selama 30 menit sehari, Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah ke bagian bawah kaki, memperkuat otot dan tendon yang mendukung pembuluh darah di kaki dan membantu mencegah varises.

2. Jalan kaki
Berjalan selama 30 menit sehari akan meningkatkan sirkulasi darah, mencegah pnambahan berat badan yang berlebihan, memperkuat otot dan pembuluh darah di kaki dan dapat mencegah varises selama kehamilan.

3. Berenang
Berenang adalah latihan aerobik lain yang dapat Anda lakukan saat hamil untuk dapat membantu mencegah atau mengobati varises. Setiap bentuk latihan aerobik yang meningkatkan sirkulasi dan memperkuat otot-otot kaki dapat dilakukan oleh wanita hamil untuk mencegah dan mengobati varises.

4. Walking Lunge
Walking Lunge adalah olahraga ringan yang bisa memperkuat otot-otot dan pembuluh darah di kaki dan dapat membantu mencegah varises. Walking Lunge dapat membangun otot, membakar kalori, meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi darah di tubuh bagian bawah.

Untuk melakukannya, Anda memerlukan dua barbel kecil. Mulailah dengan menempatkan satu kaki ke belakang dan ke depan dengan masing-masing tangan memegang barbel. Tekuk lutut kaki yang di belakang dan kaki depan membentuk sudut 45 derajat. Tahan kondisi ini selama 5 detik dan ulangi untuk beberapa kali.

loading...
Olahraga Ringan untuk Mencegah Varises Pada Ibu Hamil | admin | 4.5