Obat Kumur untuk Sakit Tenggorokan

Obat Kumur Pereda Sakit TenggorokanSakit tenggorokan bisa menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan. Bila terus dibiarkan hal ini bisa mengganggu pola makan yang pada akhirnya nanti akan mengganggu kondisi kesehatan. Karena itu, sakit tenggorokan harus segera diobati.

Anda tidak perlu khawatir bila suatu ketika nanti mengalami sakit tenggorokan. Karena ada obat sakit tenggorokan alami yang bisa anda coba. Berikut adalah beberapa cara mudah dan efektif untuk mengobati sakit tenggorokan.

1. Larutan garam
Berkumurlah dengan larutan 1/4 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat bisa membantu menenangkan sakit tenggorokan. Berkumurlah empat kali sehari.

Hal ini akan membantu melembapkan saluran pernafasan, menetralisir asam di tenggorokan, menghilangkan rasa panas serta mempercepat proses pemulihan membran mukosa yang teriritasi.

2. Larutan lemon
Anda bisa membuat larutan pereda sakit tenggorokan menggunakan jeruk lemon. Caranya campurkan 1 sendok teh jus lemon dalam 1 gelas air. Minumlah secara rutin.

Larutan astringent membantu mengecilkan jaringan tenggorokan yang bengkak serta mencegah virus dan bakteri berkembang dalam saluran tenggorokan.

3. Larutan air jahe, madu, dan lemon
Campurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh bubuk jahe bersama perasan 1/2 jeruk lemon ke dalam 1/2 cangkir air panas. Gunakan ini untuk larutan kumur.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk tenggorokan. Sementara jahe memiliki efek menenangkan tenggorokan yang gatal, dan lemon yang sarat dengan vitamin C membantu menjaga daya tahan tubuh serta mengurangi dahak.

4. Larutan kunyit
Untuk obat sakit tenggorokan, anda bisa mencampurkan 1/2 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air panas. Kunyit merupakan antioksidan yang kuat, dan terbukti efektif melawan sejumlah serius.

5. Larutan cengkeh
Tambahkan 1 sampai 3 sendok teh bubuk cengkeh ke dalam secangkir air hangat. Gunakan ini sebagai obat kumur. Cengkeh memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu menenangkan dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

6. Seduhan teh hijau
Teh hijau dikenal sebagai herbal alami pelawan infeksi. Karena itu, untuk meredakan sakit tenggorokan, cobalah berkumur dengan seduhan teh hijau, dua hingga tiga kali sehari.

7. Larutan cuka apel dan garam
Kuman tidak dapat bertahan hidup pada tenggorokan yang terlapisi asam. Karena itu, berkumur dengan larutan cuka apel dan garam bisa mengatasi gatal di tenggorokan karena batuk.

Caranya mudah, larutkan masing-masing 1 sendok teh cuka apel dan garam dilarutkan dalam segelas air hangat. Gunakan larutan kumur beberapa kali sehari. Untuk pengobatan lebih lanjut, anda bisa mencampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu; konsumsi 1 sendok makan larutan tersebut setiap empat jam.

loading...
Obat Kumur untuk Sakit Tenggorokan | admin | 4.5