Minum Jus Tomat Lebih Cepat Kembalikan Stamina Tubuh Setelah Olahraga

Manfaat Jus Buah Tomat untuk Mengembalikan Stamina Setelah OlahragaAda kabar baik untuk Anda yang hobi minum jus tomat. Pasalnya, dibanding minuman energi, jus tomat ternyata sangat efektif untuk mengembalikan stamina tubuh setelah selesai olahraga, demikian hasil dari sebuah studi yang berlangsung di Yunani.

Para peneliti menemukan bahwa zat-zat kimia vital pada tomat mampu membantu pemulihan otot. Selain itu, tomat juga bisa menurunkan tekanan darah ke kadar normal setelah berolahraga.

Penelitian yang melibatkan 15 atlet tersebut dilakukan selama dua bulan dilakukan dengan mengecek tanda-tanda vital sebelum, selama, dan setelah olahraga. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Technology.

Sembilan atlet mengonsumsi jus tomat setelah berolahraga. Sementara sisanya mengonsumsi minuman berenergi.

Hasilnya, atlet yang minum jus tomat mengalami peningkatan pemulihan otot lebih cepat dari pada mereka yang hanya minum minuman berenergi. Kadar glukosanya pun lebih cepat kembali normal setelah melakukan olahraga berat. Kadar protein dan enzim pun kembali normal. Bila tinggi, kadar dua kandungan itu berkontribusi merusak otot dan otak.

Menurut peneliti, buah tomat mengandung senyawa likopen yang memberi warna kuat pada buah tersebut. Kandungan antioksidannya pun juga bisa mencegah sel kanker dan penyakit jantung.

loading...
Minum Jus Tomat Lebih Cepat Kembalikan Stamina Tubuh Setelah Olahraga | admin | 4.5