Minum Air Putih Berlebihan Berbahaya untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal

Bahaya Minum Air Putih untuk KesehatanAnda tentu sering mendengar anjuran untuk memperbanyak minum air putih. Namun tahukah Anda jika terlalu banyak minum air justru bisa membahayakan kesehatan.

Total konsumsi air putih yang dianjurkan setiap harinya adalah sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih sehari. Namun demikian, banyak orang yang salah mengerti tentang itu. Banyak di antara mereka yang melakukan terapi air putih dengan langsung minum air putih sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih sekaligus setelah bangun tidur. Bukannya baik untuk kesehatan, ini justru berbahaya untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Seharusnya, khasiat air putih akan lebih terasa bisa dikonsumsi secara bertahap, bukan secara berlebihan atau sekaligus. Air yang dikonsumsi akan diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan volume darah jadi bertambah. Hal ini bisa membebani kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat.

Perlu diketahui cara mengonsumsi air yang sesuai dengan kebutuhan. Agar khasiatnya bisa dirasakan, konsumsi air sebelum Anda merasa haus. Setelah bangun tidur juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih satu gelas. Sebelum dan setelah sarapan juga dianjurkan minum segelas air putih. Begitu pula saat ingin beraktivitas serta sebelum dan setelah berolahraga. Bahkan sebelum tidur pun dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air putih.

Cukup minum air 1-2 gelas secara bertahap, jangan lakukan minum sebanyak 1,5 liter- 2 liter sekaligus.

loading...
Minum Air Putih Berlebihan Berbahaya untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal | admin | 4.5