Mengenal Buah Lai

Gambar dan Manfaat Buah LaiLai – Anda mungkin jarang mendengarkan nama lai. Namun tahukah Anda bahwa lai adalah sejenis buah durian dan dikenal dengan nama lain yaitu durian kuning, durian tinggang, durian pulu,nyekak, ruas, sekawi, pekawai dan lain-lain. Buah lai ini sendiri memiliki nama latin Durio kutejensis.

Pada umumnya buah lai tumbuh di daerah hutan seperti di lereng perbukitan yang ada di wilayah Kalimantan bagian tengah. Pohonnya memiliki ukuran sedang, dengan tinggi mencapai 24 m dan gemang 40 cm.

Daun-daun hampir sama dengan daun durian. Bunga tergolong besar, dengan memiliki warna merah, berbau bangkai pada saat mekar. Bunga ini diserbuki baik oleh lebah madu hutan, burung, maupun kelelawar.

Buah lai ini sangat mirip dengan durian, dimana memiliki ruang lima, bulat telur hingga melonjong, kuning kusam, dengan duri-duri yang agak membengkok. Biji lonjong, coklat mengkilap, terbungkus oleh daging buah (arilus) yang berwarna kuning atau jingga, agak kering, manis dan berbau enak.

Secara kasat mata buah lai sama dengan durian. Dimana yang membedakan adalah buah durian mempunyai aroma yang harum, menusuk dan khas, sementara buah Lai tidak mempunyai aroma sama sekali.

Buah Lai memiliki rasa sangat manis, dengan isi buah ini berwarna orange khas. Apabila Anda melihatnya secara langsung pastinya akan menggugah selera anda. Apabila Anda memakan buah Lai dalam jumlah banyak tidak ada berefek pusing di kepala. Namun tentunya jangan mengkonsumsi secara berlebihan.

loading...
Mengenal Buah Lai | admin | 4.5