Manfaat Tersenyum, Bisa Bikin Kerja Obat Lebih Baik

Manfaat TersenyumAnda tentu sudah tahu akan manfaat tersenyum, salah satunya adalah bahwa dengan tersenyum itu akan membuat seseorang merasa jauh lebih bahagia serta mengikis rasa depresi. Namun tahukah anda bahwa ternyata tersenyum juga dapat membuat fungsi obat bekerja lebih baik?

Seperti yang diungkapkan oleh peneliti Harvard Medical School, dikatakan bahwa orang yang memiliki sikap positif saat menjalani pengobatan bisa membuat kerja obat menjadi lebih baik daripada biasanya.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan laporan dari peserta bahwa 30 persen rasa sakit akan hilang saat mereka diberitahu informasi positif mengenai obat migrain daripada mereka tidak diberitatahu tentang apa-apa atau informasi negatif–bahkan bila obat itu hanya plasebo.

“Hal itu bisa terjadi karena diwujudkan oleh kognisi kita,” Dr Ted Kaptchuk, kata penulis penelitian seperti dilansir Foxnews.

Dia menyatakan bahwa kondisi mental tubuh kita bisa dipengaruhi oleh kata-kata yang diterima tubuh dan juga sebaliknya. Dengan kata lain, apa yang kita katakan bisa memengaruhi tidak hanya sekadar otak, namun juga akan memengaruhi tubuh.

Namun sebaiknya jangan menukar obat-obatan hanya untuk tersenyum. Pasalnya, pasien dalam penelitian ini masih melaporkan nyeri yang lebih tinggi dibandingkan saat diberikan obat yang sebenarnya plasebo.

Dia menyarankan agar pasien memiliki sikap positif saat masa pengobatan dimana itu akan membantu menjaga kesehatan sesuai yang ditargetkan. Sebaliknya saat seseorang pesimistis, hal tersebut cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan risiko lebih tinggi terkena serangan penyakit jantung dan kematian dini, demikian menurut hasil studi University of Pittsburgh.

Berikut ini beberapa trik mudah yang bisa dicoba untuk bisa memiliki sikap positif saat mengonsumsi obat:

Tersenyum
Sebuah studi dari University of Kansas menemukan bahwa peserta yang tersenyum -terlepas dari apakah mereka benar-benar merasa bahagia- dilaporkan bahwa memiliki detak jantung yang lebih rendah dan mampu mengurangi stres. Mengaktifkan otot-otot wajah tertentu akan mengirim pesan ke otak anda bahwa anda bahagia.

Menulis hal baik setiap hari
Menurut hasil penelitian Southern Methodist University, orang-orang yang menulis hal baik setiap hari juga melaporkan tingkat mood yang lebih baik, plus dengan tambahan manfaat kesehatan. Dan tiga bulan kemudian, peserta penelitian memiliki kunjungan ke dokter lebih sedikit dan mengalami lebih sedikit gejala sakit.

loading...
Manfaat Tersenyum, Bisa Bikin Kerja Obat Lebih Baik | admin | 4.5