Manfaat Sayuran Hijau untuk Tubuh

Gambar Sayuran Hijau. Manfaat Sayuran HijauAda banyak orang yang tidak menyukai sayuran, khususnya anak kecil. Padahal, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semakin hijau warna sayuran, semakin tinggi pula kandungan nutrisinya.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan bila rajin makan sayuran hijau diantaranya:

Sayur merupakan sumber serat yang bebas lemak, sehingga sangat cocok untuk menu diet yang sehat.

Jika dimakan tanpa tambahan lainnya, semua sayuran hijau mengandung kalori kurang dari 25 per porsi. Makan seporsi sayuran hijau bisa menghasilkan kenyang yang sama dengan setangkup roti gandum.

Sayuran kaya akan kandungan betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Dengan banyak makan sayuran hijau, klorofil akan melindungi sel lemah dari serangan benih kanker. Jika di dalam tubuh terdapat benih kanker, maka benih tersebut akan memilih sel lemah, sehingga sel tersebut mudah dilumpuhkan.

Sayuran mengandung vitamin vitamin yang bekerja sebagai antioksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas, dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh.

Serat kasar yang ada dalam sayuran tidak bisa terurai oleh sistem pencernaan kita, dan berfungsi sebagai karet busa di dalam usus. Dia akan menyerap zat buangan dan membantu gerakan peristaltik usus untuk mendorong sisa makanan ke luar tubuh.

Beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan brokoli mengandung kalsium yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Makan sayur bisa mengurangi risiko menderita patah tulang, sekaligus membantu pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat.

Sayuran hijau tidak hanya membuat konsentrasi lemak dalam darah bisa tetap terjaga, namun juga menjaga kita terhindar dari berbagai serangan penyakit akibat gangguan pada pembuluh darah, seperti hipertensi, stroke, diabetes, jantung koroner, dan katarak.

loading...
Manfaat Sayuran Hijau untuk Tubuh | admin | 4.5