Manfaat Jeruk Nipis

Gambar dan Manfaat Jeruk NipisJaruk Nipis – Jika mengulas mengenai jeruk nipis, hal yang pertama diingat adalah bau segar yang enak dari jeruk nipis. Jeruk nipis ini memiliki nama latin Citrus aurantifoliadan yang masih satu family dengan Rutaceae.

Jeruk nipis ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin C dengan memiliki pohon yang relatif pendek dengan ukuran buahnya memiliki diameter3-6 cm dan rasanya masam dan agak pahit. Dalam jeruk nipis juga terdapat kandungan asam folat, vitamin A, kalsium dan magnesium.

Dalam 100 gr jeruk nipis mengandung energi sebesar 37 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 12,3 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 40 miligram, fosfor 22 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Jeruk Nipis juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 27 miligram.

Nah, dari banyaknya kandungan gizinya, jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat seperti:

Dapat menghilangkan bau amis
Jika Anda makan-makanan yang berbau amis, perasan air jeruk nipis dapat membantu Anda untuk dapat menghilangkan abu amis ataupun bau yang tidak sedap lainnya.

Mengatasi wasir
Caranya adalah Anda dapat mengambil 10 gr akar pohon jeruk nipis. Kemudian cuci bersih lalu rebus ditambah dengan air dan biarkan sampai mendidih kurang lebih selama 30 menit lalu saring. Anda dapat meminumnya selagi hangat tiga kali sehari.

Mengobati amandel
Caranya adalah cuci 3 kulit jeruk nipis, lalu potong-potong menjadi bagian kecil lalu rebus dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih sampai tersisa ¾ nya lalu saring. Dalam keadaan hangat Anda dapat mengggunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4 kali sehari.

Meredakan batuk
Caranya adalah anda dapat memeras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.

Mencegah bau badan
Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Meringankan radang tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari.

Menghilangkan jerawat
Jeruk nipis dapat juga digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah jeruk nipis diiris lalu gosokkan pada kulit wajah.

Mencegah rambut rontok dan berketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Demikian sekilas mengenai manfaat dan khasiat jeruk nipis semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Manfaat Jeruk Nipis | admin | 4.5