Manfaat Jambu Bol

Gambar dan Manfaat Jambu BolJambu bol atau yang biasa disebut dengan jambu kepal atau jambu merah ini adalah masuk dalam family jambu-jambuan yang memiliki nama latin Syzygium malaccense ini memilik tekstur daging yang cukup lembut dan padat jika dibandingkan dengan jambu air.

Biasanya buah ini dijadikan sebagai buah meja dikarenakan buah ini cukup segar ketika dimakan atau dapat dijadikan bahan rujak. Ciri buah jambu bol ini adalah bulat tapi menjorong, memiliki warna merah tua, kuning keunguan, atau keputihan dengan garis tengah diperkirakan 58 cm.

Kandungan Gizi Buah Jambu Bol

Banyak sekali kandungan gizi yang ada didalam jambu bol, sama seperti jambu air, jambu semarang atau jambu cincalo. Dimana kandungan nutrisinya berupa energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitami C. Secara terinci dalam 100 grm jambu bol terdapat energi 56 kkal, protein 0.6 gr,lemak 0.3 gr, karbohidrat 14.2 gr, kalsium 29 mg, fosfor 16 mg, zat besi 1 mg, vitamin A 130 IU, vitamin B1 0.02 mg dan vitamin C 22 mg.

Manfaat Buah Jambu Bol

Dengan kandungan nutrisi seperti yang diatas, jambu bol ini tentunya memiliki banyak manfaat seperti:

  1. Dapat mempercantik kulit. Kandungan vitamin C nya berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan zat besi . Disamping sebagai antioksidan, vitamin C juga memiliki fungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembulu kapiler sera kesehatan gigi dan gusi.
  2. Menjaga kesehatan mata, vitamin A nya sangat dibutuhkan untuk mata. Selain itu vitamin A juga diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, hal ini disebabkan karena vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai antibody dan antivirus.
  3. Sebagai obat sariawan.
  4. Mencegah kanker usus.

Demikian sekilas mengenai jambu bol, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Manfaat Jambu Bol | admin | 4.5