Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

5. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Kandungan Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Vitamin B3, dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi untuk merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah. Sementara untuk Vitamin B6, yang juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

6. Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting di antaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Hasil dari studi menunjukkan bahwa likopen yang ada pada jambu biji muda bisa mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV serta memberikan perlindungan dari kanker prostat.

8. Jambu biji juga adalah sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.

9. Sudah sejak dulu jambu biji dipercaya bisa mengobati penyakit demam berdarah. Untuk mengobati demam berdarah, biasanya orang mengonsumsi jusnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh BPOM menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji ternyata bisa menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Pada penderita DBD, jumlah trombosit akan menurun sangat drastis sehingga mudah terjadi pendarahan. Pada pengujian lebih lanjut juga membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji ini tidak bersifat racun sama sekali dan aman untuk dikonsumsi.

Semoga informasi tentang manfaatnya buah jambu biji bagi kesehatan di atas bisa berguna untuk Anda dan keluarga.

Halaman: 1 2
loading...
Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan | admin | 4.5