Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Gambar Jahe Merah. Manfaat dan Khasiat Jahe Merah untuk KesehatanJahe merah, atau yang dikenal juga dengan istilah Zingiber Officinale varietas Rubrum, merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan di Indonesia.

Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.

Rasa pedas jahe merah memiliki khasiat meredakan nyeri. Sifat hangatnya bisa digunakan untuk meredakan sakit encok dan obat gosok yang panas.

Dalam catatan produk tertulis, rimpang jahe merah memiliki kandungan senyawa alami gingerol, zingeron, dan shogaol. Kandungan itu berpengaruh sebagai pemberi rasa pedas khas pada jahe merah.

Selain itu, jahe merah mengandung minyak atsiri dan oleoresin. Sifat keduanya hangat dan meredakan rasa sakit. Karena itu, jahe merah bisa juga diolah sebagai obat gosok alami untuk keseleo atau nyeri otot. Misalnya dengan cara diparut dan ditempelkan yang keseleo atau encok.

Di samping melemaskan otot-otot, jahe merah bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dari dalam. Berdasarkan efek farmakologisnya, jahe merah memiliki manfaat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghangatkan tubuh, antiradang dan penambah nafsu makan.

Sebagai minuman kesehatan, jahe merah tidak disarankan diminum penderita maag. Soalnya, kandungan senyawa gingerol yang bersifat hangat akan membuat lambung panas. Sifat yang sama juga perlu dihindari pada perempuan yang sedang hamil.

Sama seperti jahe putih, jahe merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk kering. Air jahe merah dengan kandungan minyak yang hangat berguna melancarkan pernapasan dan melegakan tenggorokan. Minuman yang sama juga berguna meredakan pegal-pegal maupun pusing karena kurang sehat.

loading...
Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan | admin | 4.5