Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Manfaat Ikan TunaIkan laut terkenal kaya akan kandungan nutrisi dan juga manfaat. Salah satu jenis ikan laut yang disarankan untuk dikonsumsi adalah ikan tuna. Ada banyak kandungan nutrisi dalam ikan tuna, salah satunya adalah bahwa ikan tuna merupakan sumber omega-3 yang baik.

Selain terkenal banyak mengandung omega-3, ikan tuna juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya seperti mineral selenium, magnesium, iodium, Asam Folat, vitamin A, vitamin B complex dan vitamin B6. Karena itu, bukanlah hal yang mustahil bila makan ikan tuna akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ikan tuna misalnya:

1. Baik untuk menjaga kesehatan jantung
Manfaat ikan tuna bagi kesehatan jantung didapatkan karena ikan tuna kaya akan kandungan omega-3. Tercukupinya konsumsi omega-3 akan meningkatkan rasio konsentrasi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah, serta menjaga ritme detak jantung. Selain itu, manfaat lain dari omega-3 adalah mencegah terjadinya inflamasi.

2. Baik untuk menjaga kesehatan mata
Selain baik untuk kesehatan jantung, omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Omega-3 mencegah tubuh melawan macular degeneration pada mata, yaitu suatu kondisi dimana penglihatan memburuk, yang berdampak pada kehilangan penglihatan saat seseorang mulai memasuki usia 50 tahun. Selain untuk mencegah macular degeneration, omega-3 juga bisa membantu mengurangi resiko seseorang dari terkena kelainan mata.

3. Meningkatkan fungsi kognitif otak
Manfaat omega-3 lainnya adalah membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, sehingga seseorang bisa terhindar dari penyakit degenerasi fungsi otak seperti Alzheimer karena membantu memperlancar suplai darah ke otak dan menurunkan resiko inflamasi, memperantarai signal agar dapat diterima oleh otak, pada orang yang menderita Alzhemeir akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian signal atau impuls ke otak.

4. Meningkatkan response hormon Insulin
Ikan tuna juga disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes tipe-2, tentunya karena kandungan lemak omega-3 yang melimpah pada ikan tuna. Berbagai penelitian menyarankan, meskipun lemak jenuh yang notabene justru menyebabkan dan memicu kegemukan, jenis lemak pada ikan tuna –omega-3 memiliki peran sebaliknya, lemak pada ikan tuna mencegah anda dari kegemukan dan meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh. Asam lemak omega 3 yang terkenal dengan nama EPA inilah yang membantu meregulasi berat badan dan juga metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.

5. Bisa mencegah kanker
Menurut hasil studi, diketahui bahwa mengonsumsi ikan tuna bisa membantu mencegah kanker, salah satunya kanker ovarium, kanker pankreas, dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan lain seperti kanker mulut, faring, esophagus, perut, dan usus. Kandungan omega-3 yang berlimpah pada ikan tuna juga bermanfaat untuk mencegah seseorang terkena kanker payudara dan menurunkan resiko terkena leukimia.

6. Membantu proses detoksifikasi
Selenium bersama dengan omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna merupakan bahan bakar yang penting untuk produksi gluthathione peroxidase –jenis antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi penting untuk menjaga kesehatan hati –yang berperan untuk detoksifikasi. Selain itu selenium juga punya peran untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

7. Menjaga kestabilan mood
Anda yang diet dengan meningkatkan konsumsi ikan tuna, ini bisa membantu anda untuk menjaga dan meningkatkan mood serta menghindarkan anda dari stres. EPA pada omega-3 membantu meningkatkan aliran darah dan mempengaruhi hormon serta sistem imun, yang memiliki fungsi krusial untuk otak, DHA –asam omega-3, digunakan sebagai ion channel pada otak yang membantu transmisi signal, serta berperan dalam metobolisme serotonin –faktor utama penyebab depresi.

8. Mengurangi lemak dalam tubuh
Mengonsumsi 3 ons ikan tuna bisa membantu menurunkan 50% kebutuhan kalori harian anda, yaitu senilai 110 kalori. Terkait hal tersebut, mengganti daging berlemak dengan ikan tuna sebagai sumber utama protein juga bisa secara efektif mengontrol berat badan anda. Hal ini bisa saja terjadi karena secara tidak langsung asupan yang ada pada ikan tuna menghemat ratusan kalori.

Semoga informasi mengenai manfaat ikan tuna untuk kesehatan di atas bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.

loading...
Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu | admin | 4.5