Manfaat dan Khasiat Ketumbar Selain Sebagai Bumbu Masakan

Gambar Ketumbar. Manfaat dan Khasiat KetumbarKetumbar, rempah-rempah dengan rasa pedas menghangatkan ini terkenal sebagai salah satu bumbu dalam berbagai masakan di Indonesia. Selain sebagai bumbu masakan, ketumbar juga punya banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

1. Anti diabetes
Ketumbar disebut-sebut sebagai tanaman ‘anti diabetes’. Ini karena ketumbar mampu menurunkan kadar gula yang ada dalam darah. Selain itu, ketumbar juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Obat nyeri haid
Ketumbar bisa menjadi obat untuk mengatasi nyeri haid. Untuk mengurangi rasa sakit karena nyeri haid, caranya; sebanyak enam gram biji ketumbar direbus bersama 500 ml air dengan menambahkan sedikit gula. Setelah itu minum air tersebut selagi hangat.

3. Obat jerawat
Jika Anda sedang mempunyai masalah dengan wajah, semisal wajah yang penuh dengan jerawat atau komedo, Anda bisa mengatasinya dengan si kecil yang satu ini. Caranya; haluskan biji ketumbar dan kunyit kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

4. Obat encok
Tidak hanya sebagai obat untuk menghilangkan jerawat, ketumbar juga bisa digunakan sebagai obat encok. Caranya adalah dengan merebus biji ketumbar yang sudah dihaluskan dengan air, kemudian diminum ketika ramuan tersebut masih hangat.

loading...
Manfaat dan Khasiat Ketumbar Selain Sebagai Bumbu Masakan | admin | 4.5