Manfaat dan Khasiat Daun Salam

Manfaat dan Khasiat Daun Salam sebagai Obat TradisionalDaun salam merupakan salah satu jenis rempah yang cukup populer. Daun salah atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Syzygium polyanthum ini memiliki aroma yang khas, sehingga tak jarang ibu rumah tangga menggunakannya sebagai bahan pelengkap dan penyedap alami dalam masakan.

Daun salam tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan bumbu masakan, namun daun salam juga banyak sekali memiliki manfaat dan khasiat. Berikut beberapa contoh penggunaan daun salam dalam sebagai bahan dalam obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Obat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Cuci 10-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan setiap hari.

Obat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Cuci 7-10 lembar daun salam, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

Obat Mengatasi Asam Urat
10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Obat Diare
Cuci 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.

Obat Kencing Manis
Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.

Obat Sakit Maag
Cuci bersih 15-20 lembar daun salam segar. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

Obat Kudis, Gatal-gatal
Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.

loading...
Manfaat dan Khasiat Daun Salam | admin | 4.5