Manfaat daging Bebek bagi kesehatan

Manfaat Daging BebekBebek itu adalah kerabat dari burung dan juga ayam, sama-sama termasuk jenis unggas, dan dikonsumsi. Biasanya bebek ini banyak dikonsumsi di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah, sementara di daerah Jawa Barat masih agak jarang, kecuali yang dibuat versi Chinese Food-nya.

Hewan unggas ini jika dilihat lebih detail mempunyai kekerabatan dengan angsa serta angsa leher pendek. Walaupun dekat jika dilihat secara genetika, tetapi bebek mempunyai bentuk tubuh lebih mungil apabila Anda bandingkan dengan unggas angsa. Di negara Indonesia sendiri, bebek itu diternakkan mulai dari skala kecil hingga besar, tergantung permintaan pasar juga, jika permintaan pasar tinggi maka biasanya jumlah peternak bebek semakin banyak, dan yang bermodal besar akan membuat peternakan bebek dalam skala besar. Mari baca selengkapnya.

Sekilas tentang bebek

Bebek ini termasuk jenis unggas yang memiliki sifat suka berkurumun. Bahkan kualitas telur bebek juga terbilang bagus, umumnya telur bebek digunakan dalam pembuatan martabak, serta dijadikan telur asin. Berbeda dengan telur ayam yang tak dapat dijadikan telur asin. Kembali bicara mengenai daging bebek, daging bebek ini memiliki tekstur yang lembut serta memiliki kandungan banyak lemak, itulah mengapa daging bebek dijual lebih mahal dibandingkan daging ayam, bahkan rasanya juga lebih enak daging bebek, jika Anda bandingkan dengan daging ayam.

Tetapi fakta bahwa daging bebek memiliki kandungan lemak tinggi, menyebabkan banyak orang yang menghindari konsumsi bebek karena takut kadar kholesterolnya naik, di mana kolesterol tinggi itu bisa memicu beragam penyakit berbahaya lainnya, contohnya penyakit jantung. Tetapi di balik itu semua, ternyata daging bebek juga menyimpan manfaat tersendiri untuk kesehatan, apakah itu?

Manfaat daging bebek

Daging bebek ini terdiri atas kandungan protein, kalori, zat besi, lemak, dan juga vitamin B. Jika dilihat secara mendetail maka penyusun daging bebek yaitu 23,5 gr protein untuk berat daging bebek 100 gr. Kadar protein tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jumlah protein dari daging ayam. Dan, lemak jenuh pada daging bebek itu sejumlah 35,7%, sementara itu lemak tidak jenuh dari daging bebek yaitu 50,5%, terakhir ada lemak tunggal asam linolenat dari daging bebek sejumlah 13,7%.

Perlu untuk Anda ketahui jika komposisi lemak daging bebek ini dapat dijadikan sumber lemak sehat bagi kehidupan sehari-hari. Sementara itu, dari sisi vitamin, vitamin B dalam daging bebek dibagi menjadi vitamin B12 dan vitamin B6, serta terdapat kandungan niacin, riboflavin, dan tiamin. Dan kandungan mineral mikro serta makro dari daging bebek yakni fosfor, selenium, zat besi, zinc, sodium, tembaga, serta masih ada lagi zat-zat lain yang memiliki manfaat positif.

  1. Daging bebek dapat menjaga kerja otot manusia, selain itu juga mampu menjaga tekanan darah seseorang karena kandungan sodiumnya
  2. Kesehatan fisik dan mental juga dapat terjaga dengan konsumsi daging bebek yang lezat ini, itu karena kandungan tembaga dari daging bebek ini, seperti yang sudah dituliskan di atas
  3. Jika Anda mengalami gangguan suara serak, daging bebek juga mampu menyembuhkan penyakit tersebut. Gas dalam perut pun dapat dihilangkan
  4. Manfaat keempat dari daging bebek adalah untuk memperbaiki sistem antibodi tubuh karena kandungan zinc dari daging bebek tersebut
  5. Untuk antioksidan.

Sekian informasi tentang manfaat daging bebek bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

loading...
Manfaat daging Bebek bagi kesehatan | admin | 4.5