Manfaat Buah Rambusa

Manfaat Buah RambusaRambusa merupakan buah dengan ukuran kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Rambusa sendiri adalah tumbuhan merambat dengan buah yang berbentuk bulat-bulat kecil dan buah ini berwarna kuning terang.

Pada umumnya Rambusa juga ditanam sebagai tanaman pagar dan tanaman penutup tanah, untuk melindungi tanah dari erosi. Pohon rambusa memiliki ketinggian 1.5-5 m. Memiliki daun tunggal, yang bertangkai 1-3 cm, dan panjang. Helaian daun bundar telur, ujung-ujung meruncing, pangkal daun bentuk jantung, 3,5-13 × 4,5-14 cm.

Bunga rambusa memiliki kelopak tambahan berupa daun pembalut 3 helai, berbagi menyirip rangkap dengan taju serupa benang teranyam. Buah buni berbiji banyak terbungkus oleh daun pembalut, bulat lonjong, 1,5-2 cm, kuning jingga apabila masak

Rambusa memiki kandungan air sebanyak 64,2 ml dan serat sebanyak 9,8 gram, memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh diantaranya adalah minerla sodium sebanyak 2 mg, mineral potassium sebanyak 491 mg, mineral kalsium sebanyak 10 mg, mineral magnesium sebanyak 4 mg, zat besi sebanyak 8,4 mg, serta seng sebanyak 1,1 mg.
Rambusa memiliki kandungan kalsium sebesar 10 mg. Dimana fungsi kalsium ini sangat penting untuk kesehatan gusi, tulang serta gigi. Selain itu rambusa juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat zat besi diantaranya adalah menghidupkan sel-sel darah merah dalam tubuh kita. Mineral ini dapat menghindari kita dari penyakit anemia, batuk, anemia pada saat kehamilan, anemia predialisis. Selain itu kandungan mineral yang paling dominan dalam buah rambusa diantaranya adalah mineral potassium, kalsium dan zat besi.

Mineral potassium sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah struk, menorlmalkan tekanan darah, mengurangi stress dan rasa gelisah, menyembuhkan gangguan ginjal serta hati, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menjaga sistem syaraf, dan lain-lain.

loading...
Manfaat Buah Rambusa | admin | 4.5