Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Sebagai Obat Tradisional

Gambar Buah Pinang. Manfaat Buah PinangBuah pinang sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai bahan campuran mengunyah sirih untuk menguatkan gigi. Selain sebagai campuran sirih, buah pinang juga punya banyak manfaat dan khasiat dalam pengobatan tradisional.

Buah pinang bisa digunakan sebagai bahan campuran obat untuk mengobati sejumlah jenis penyakit. Manfaat buah pinang untuk mengobati penyakit ini didapat karena pinang memiliki sejumlah sifat yang bisa menyembuhkan penyakit. BUah pinang memiliki sifat anthelmintica yang berguna untuk meluruhkan cacing dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir. Pinang juga bersifat merangsang (stimulansia), menghentikan pendarahan (haermostatica), dan antisifilis.

Adapun contoh pemakaian buah pinang sebagai obat tradisional, misalnya:

1. Obat Sakit Pinggang
Ambil daun pinang secukupnya, kemudian cuci bersih dan giling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, panaskan sebentar di atas api. Dalam kondisi hangat, gunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

2. Obat Koreng
Ambil pinang, gambir, dan kapur sirih masing-masing seukuran telur cicak. Ambil tembakau sebesar ibu jari dan selembar daun sirih segar. Semua bahan dicampur dan digiling hingga halus. Lumurkan pada koreng yang telah dibersihkan. Lakukan secara rutin.

3. Obat Cacingan
Ambil 30 gram serbuk buah pinang, rebus dengan dua gelas air, didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring, minum sekaligus sebelum makan pagi.

4. Obat Kudis
Ambil biji pinang, kemudian giling hingga halus. Tambahkan sedikit air kapur sirih sampai menjadi adonan seperti bubur. Gunakan untuk memoles bagian tubuh yang terkena kudis.

5. Obat untuk Membersihkan dan Menguatkan Gigi dan Gusi
Iris buah pinang tipis-tipis. Kunyah setiap hari selama beberapa menit, lalu ampasnya dibuang.

6. Obat Disentri
Ambil buah pinang yang berwarna kuning muda, kemudian cuci dan rendam dalam segelas air selama beberapa jam. Minum air rendaman pinang tersebut.

7. Obat Difteri
Pilih sebutir buah pinang yang kering, kemudian giling hingga halus, seduh dengan 3/4 cangkir air panas dan satu sendok makan madu. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk kumur-kumur di tenggorokan selama 2-3 menit dan buang. Lakukan tiga kali sehari.

loading...
Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Sebagai Obat Tradisional | admin | 4.5