Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Gambar Buah Pepaya - Manfaat Buah Pepaya untuk KesehatanBuah pepaya merupakan buah asli dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan yang bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah pepaya bisa dikonsumsi langsung setelah masak (kulit buah berwarna kuning) atau dikonsumsi saat masih mentah untuk dijadikan sebagai sayur.

Selain lezat, buah pepaya juga kaya akan enzim, vitamin, maupun mineral. Nutrisi di dalam buah bernama latin Carica Papaya ini antara lain antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Buah pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Antioksidan
Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada buah pepaya berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri, sehingga menyebabkan hipertensi.

2. Mengencangkan payudara
Enzim di dalam buah pepaya bisa membantu pertumbuhan payudara sehingga payudara bisa lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormon pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara jadi semakin ideal.

3. Membuat awet muda
Buah pepaya mempunyai kadar vitamin C lebih banyak dari buah apel, yaitu 48 kali lipat lebih banyak. Buah pepaya juga bisa mendorong proses metabolisme kulit. Buah pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga bisa menyegarkan kulit dari dalam.

4. Melangsingkan tubuh
Enzim papain pada buah pepaya juga berkhasiat mempercepat proses pencernaan protein. Enzim ini mampu memecah protein menjadi arginin, dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino, sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh.

5. Mencegah penyakit jantung
Kandungan nutrisi buah pepaya bisa membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menyebabkan sakit jantung. Karena ketika kolesterol menjadi teroksidasi bisa menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Buah pepaya juga rendah gula, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

loading...
Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan | admin | 4.5