Manfaat Buah Markisa

Gambar, Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah MarkisaMarkisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Markisa memiliki nama latin Passiflora quadrangularis L ini banyak sekali kandungan gizinya. Pada umumnya biasanya kulit dari buah ini berwarna ungu gelap atau kuning cerah, dan rasanya sangat unik dan menyegarkan.

Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Markisa merupakan sumber yang kaya antioksidan, mineral, vitamin dan serat. 100 g buah markisa mengandung sekitar 97 kalori. Buah markisa adalah sumber yang sangat baik dari serat makanan. 100 g daging buah mengandung 10,4 g atau 27% serat. Markisa mengandung vitamin C, menyediakan sekitar 30 mg per 100 g. Vitamin-C (asam askorbat) merupakan anti-oksidan yang kuat. Buah markisa juga mengandung vitamin A (mengandung sekitar 1.274 IU per 100 g), dan antioksidan seperti flavonoid β-karoten dan β-cryptoxanthin.

Manfaat Buah Markisa

Dari banyaknya kandungan gizi buah markisa, maka dapat dimanfaatkan untuk:

Sangat Baik bagi Penderita Asma
Bagi Anda penderita asma, markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, Markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Bagi Penderita Insomia
Buah Markisa ternyata membuat efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks. Jadi tidak ada salahnya malam ini Anda mencoba segelas jus markisa sebelum pergi tidur.

Untuk Diet
Bagi orang yang sedang menjalani diet, buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik.

Sebagai Antioksidan
Warna kulit markisa yang mencolok khas buah-buah yang kaya antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.

loading...
Manfaat Buah Markisa | admin | 4.5