Manfaat Buah Kurma

Gambar Buah Kurma - Manfaat Buah KurmaKurma merupakan buah khas saat bulan Ramadhan, dijadikan sebagai hidangan buah atau makanan saat sahur maupun berbuka puasa. Kandungan gula yang tinggi dalam buah kurma menjadikannya sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk berbuka puasa.

Secara lengkap, bersumber dari USDA National Nutrient Database, dalam setiap 100 gr buah kurma terkandung nutrisi yaitu Energi 277 Kkal; Karbohidrat 74,97 g; Protein 1,81 g; Total Lemak 0,15 g; Serat makanan 6,7 g; Asam Folat 15 mcg; Niacin 1,610 mg; Asam pantotenat 0,805 mg; Piridoksin 0,249 mg; Riboflavin 0,060 mg; Thiamin 0,050 mg; Vitamin A 149 IU; Vitamin K 2,7 mcg; Sodium 1 mg; Potasium 696 mg; Kalsium 64 mg; Tembaga 0,362 mg; Besi 0,90 mg; Magnesium 54 mg; Mangan 0,296 mg; Fosfor 62 mg; Seng 0,44 mg; Beta karoten 89 mcg; Lutein-zeaxanthin 23 mcg.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam buah kurma, maka bukan hal yang mustahil jika buah kurma mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Sebagai Hidangan untuk Berbuka Puasa

Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

Baik untuk Ibu Hamil dan Melahirkan

Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui sangat disarankan supaya secara rutin mengkonsumsi kurma, karena kurma dapat menumbuhkan dan menyempurnakan sistem saraf pada calon bayi. Dalam kurma terdapat hormon yang mirip dengan hormon oksitosin yang membantu proses kelahiran. Caranya, hormon oksitosin tersebut menyatu dengan reseptornya memulai kontraksi otot yang teratur secara bertahap, sehingga menyebabkan perluasan rahim dan dari situ terjadilah proses kelahiran.

Setelah persalinan, hormon oksitosin juga bermanfaat untuk mengeringkan rahim, meningkatkan kontraksi otot-otot yang terajut satu dengan yang lainnya seperti jaring, sehingga dengan terjadinya kontraksi tersebut akan menyempitkan celah rajutan tersebut yang mengakibatkan berhentinya pendarahan secara bertahap. Kadar zat besi dan kalsium yang dikandung buah kurma matang dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan kalsium merupakan dua unsur paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

Mencegah Serangan Stroke

Tingginya kandungan kalori pada buah kurma dan mudah dicerna oleh tubuh memang cocok dikonsumsi sebagai makanan untuk berbuka puasa. Namun, ada khasiat yang lebih istimewa yaitu buah kurma mengandungi zat gizi penting bagi fungsi tubuh, terutama jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium. Fungsi mineral ini membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membantu mengatur tekanan darah. Itulah sebabnya kurma menjadi istimewa. Apalagi, beberapa penelitian membuktikan, makanan tinggi kalium ini dapat menurunkan risiko serangan stroke.

loading...
Manfaat Buah Kurma | admin | 4.5