Manfaat Buah Kepel

Gambar dan Manfaat Buah KepelKepel adalah tumbuhan yang memiliki buah yang menjadi favorit dari putri dari keraton Jawa. Sehingga tidak dipungkiri bahwa tanaman yang satu ini termasuk langka di Indonesia. Kepel memiliki nama ilmiah ilmiah Stelechocarpus burahol ini memiliki filosofi sebagai perlambang kesatuan dan keutuhan mental dan fisik, buah kepel juga dipercaya mempunyai berbagai khasiat dibidang kecantikan.

Ciri-ciri Pohon Buah Kepel

Pohon dari buah kepel ini memiliki ketinggian 25 m dengan diameter batang sebesar 40 cm. Sedangkan di kulit batangnya ada semacam benjolan-benjolan. Dimana nantinya benjolan-benjolan ini merupakan bekas tempat bunga dan buah karena bunga dan buah kepel memang muncul di batang pohon bukannya di pucuk ranting atau dahan.

Buah kepel sendiri pada umumnya tumbuh memenuhi di sekitar batang pohonnya. Dengan bentuk buah kepel bulat lonjong dengan bagian pangkal agak meruncing, dengan warna buah coklat agak keabu-abuan, dan apabila sudah tua akan berubah menjadi coklat tua. Rasa dari buah kepel manis.

Manfaat dan Khasiat Buah Kepel

Khasiat dari buah kepel yang memiliki sifat diuretiknya dapat memperlancar air seni. Sehingga kepel dapat berfungsi untuk membersihkan ginjal. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang menerangkan zat-zat apa yang menyebabkan sifat diuretik pada kepel.

Namun sepertinya buah kepel ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga bagi wanita hamil yang mengkonsumsi buah kepel ini dipercaya dapat melahirkan bayi yang cantik. Karena kulit bayi akan terlihat bersih.

Selain itu buah kepel ini membersihkan darah, menguatkan liver, paru-paru dan ginjal sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar karena darah yang beku menjadi cair. Sedangkan untuk daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.

Daunnya dapat juga dijadikan sebagai lalap yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Caranya adalah dengan merebus 7 lembar daun kepel dan 3 gelas air. Air dan daun kepel ini kemudian direbus sampai tersisa satu setengah gelas. Air rebusan daun kepel ini diminum dua kali sehari, masing-masing sebanyak tiga perempat gelas.

Demikian sekilas mengenai buah kepel, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Manfaat Buah Kepel | admin | 4.5