Manfaat Buah Kemang

Manfaat Buah KemangBuah yang satu ini memiliki bentuk seperti mangga dengan bau yang harum menusuk dan rasa yang masam manis. Pada umumnya pohon kemang umumnya tumbuh di dataran rendah di daerah tropika basah di bawah ketinggian 400 m dpl dengan ketinggian pohon mencapai 45 m dengan garis tengah batang mencapai 120 cm.

Buah kemang sendiri memiliki bentuk bulat telur terbalik sampai lonjong dengan kulit buah tipis dan berwarna coklat kuning suram apabila masak. Daging buah kemang berwarna keputihan, lunak, berair dan berserat. Aroma buah kemang sangat khas dan tajam sedangkan rasa buahnya mulai asam sampai manis.

Kandungan Nutrisi Buah Kemang

Dalam buah kemang memiliki kandungan nutrisi Energi = 48 kkal, Protein = 1 gr, Lemak = 0,2 gr, Karbohidrat = 11,9 gr, Kalsium = 10 mg, Fosfor = 24 mg, Vitamin A = 6 IU, Vitamin B1 = 0,08 mg, Vitamin C = 58 mg.

Manfaat Buah Kemang

Dari tingginya kandungan posfor, maka buah kemang ini dapat dimanfaatkan sebagai:

1.Pembentukan tulang
Fosfor penting dengan pertumbuhan juga pemeliharaan tulang dan gigi. Dimana fosfor berhubungan dengan kalsium untuk memberikan tulang yang kuat dan sehat. Selain itu fosfor juga dapat menyeimbangkan dan menahan secara normal air mata. Fosfor juga membantu agar gusi sehat dan enamel gigi. Hal ini juga membantu dalam mengurangi masalah serius seperti tulang keropos, juga dikenal sebagai osteoporosis.

2. Pencernaan
Fosfor memainkan peran penting dalam memfasilitasi pencernaan efektif dalam tubuh. Dimana nantinya zat ini akan memicu pencernaan riboflavin dan niacin dalam cara yang mahir.

3. Ekskresi
Fosfor dapat berfungsi untuk menjaga ginjal dalam kondisi normal. Dimana nantinya fosfor ini akan memastikan rilis tepat limbah dari ginjal melalui proses ekskresi.

4. Penguat Stamina
Fosfor memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan ringan seperti kelemahan, mati rasa, kelelahan dan penyakit serupa. Kadar yang cukup dari fosfor dalam tubuh bertanggung jawab untuk proses cepat penyembuhannya.

5. Fungsi otak
Karena, fosfor merupakan elemen penting ditemukan di sekitar dalam sel-sel otak, ia bertanggung jawab untuk berbagai fungsi penting. Kadar fosfor yang cukup dari fosfor membantu menjaga fungsi otak yang sehat.

Buah Kemang juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk:

1. Pembentuk kolagen
Berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya.

2. Mencegah penuaan dini
Membuat kulit halus dan mengurangi keriput.

3. Antioksidan
Dimana senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi.

4. Menguatkan otot
Menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh, misalnya otot.

5. Penutup luka
Berperan dalam penutupan luka saat terjadi perdarahan.

loading...
Manfaat Buah Kemang | admin | 4.5