Manfaat Buah Gowok

Gambar Buah Gowok. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah GowokBuah gowok atau dapat juga disebut dengan kupa atau kepa ini adalah pohon buah yang termasuk didalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae. Buah gowok ini berasal dari Indonesia khususnya di daerah Jawa dan Kalimantan.

Pohonnya relatif kecil atau termasuk dalam kategori sedang, dengan memiliki ketinggian 8-20 m. Buah gowok ini bentuknya hampir sama dengan Jambu Solo berbentuk bulat namun agak lonjong. Ukurannya memiliki diameter 2-3cm hampir sama dengan duku.

Pohon buah gowok tumbuh liar terutama di hutan-hutan sekunder, antara ketinggian 200-1800 m dpl. Selain itu gowok dapat juga ditanam di ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan yang lainnya.

Ketika berbuah, menempel ditangkai hijau sama seperti juwet (duwet). Ketika masih muda buah gowok ini memiliki kulit kaku yang berwarna merah atau ungu tua ketika sudah masak. Buah gowok ini memiliki rasa segar karena didalamnya tersimpan banyak air dan sedikit rasa masam. Dagingnya berwarna putih dan pada saat digigit kenyal seperti buah manggis.

Ada banyak manfaat yang didapat dari buah gowok ini, seperti:

  1. Sebagi obat diare
  2. Obat kencing manis
  3. Obat sakit maag

Buah gowok ini memang rata-rata yang diambil untuk dimanfaatkan adalah buahnya. Anda dapat menemuinya dijual di pasar untuk dimakan segar. Buah Gowok ini dapat juga dijadikan sebagai bahan rujak atau untuk disetup. Sedangkan kayu pohon gowok yang berwarna kemerahan dapat digunakan sebagai bahan bangunan atau perabotan.

loading...
Manfaat Buah Gowok | admin | 4.5