Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu pada Awal Kehamilan

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil pada Timester PertamaPada masa awal kehamilan atau trimester pertama masa kehamilan, ini adalah fase yang sangat penting untuk tahap perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Maka dari itu, dibutuhkan kehati-hatian dalam upaya melakukan pemenuhan gizi pada awal masa awal kehamilan ini.

Bagi ibu yang sedang dalam masa awal kehamilan, mendapatkan asupan nutrisi yang tepat adalah disarankan. Pada masa kehamilan berusia 6-14 pekan, janin perlu mendapatkan asupan kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulangnya, sehingga perkembangan bisa maksimal.

Sebenarnya tidak hanya kalsium saja, karena nutrisi seperti protein dan asam folat juga dibutuhkan. Berikut ini adalah deretan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil selama masa awal kehamilan.

1. Bayam
Bayam atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan sinacia oleracea adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan kandungan kalsium dan juga zat besi. Pada awal kehamilan, bayi yang tumbuh akan menyerap darah ibu. Maka dari itu, untuk memberi dorongan agar produksi darah yang mengalir ke rahim bisa lebih banyak, maka ibu dianjurkan untuk mengonsumsi bayam.

2. Kacang Almond
Kacang kenari atau almond kaya akan kandungan vitamin E, omega 3, asam lemak, dan juga protein. Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit, kacang kenari juga bermanfaat membantu wanita yang sedang hamil untuk mendapatkan dosis tambahan protein.

3. Jeruk
Satu buah jeruk mengandung sekitar 53,2 mg vitamin C yang bisa melindungi kita dari efek buruk yang ditimbulkan oksidasi, misalnya, asap rokok dan kendaraan, bahkan juga paparan sinar ultraviolet matahari. Karena itu, bila dikonsumasi wanita hamil, jeruk bisa membantu membangun kekebalan sang ibu dalam melawan infeksi.

4. Pisang
Pisang kaya akan kandungan asam folat yang tinggi yang baik untuk perkembangan otak anak yang dikandung. Selain itu, kandungan asam folat juga bekerja untuk mencegah bayi cacat lahir.

5. Sayur Brokoli
Selain bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, bagi wanita hamil, brokoli berfungsi baik sebagai sumber yang kaya akan zat besi untuk membentuk sel-sel darah.

6. Ayam
Ayam baik untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama untuk melawan morning sickness. Selain itu, kaldu ayam juga baik untuk mencegah rasa mual. Zat besi yang terkandung di dalamnya juga bisa memertahankan tingkat hemoglobin wanita yang sedang hamil.

7. Telur
Telur kaya akan kandungan protein, vitamin, dan kalsium. Mengonsumsinya bisa dengan cara direbus, digoreng atau bisa juga dihidangkan menjadi orak-arik sesuai selera.

8. Ikan Salmon
Pada beberapa ibu hamil, udang dan kepiting bisa memunculkan alergi, karena itu sebaiknya dihindari selama kehamilan. Namun beda halnya dengan ikan salmon. Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium yang cukup tinggi, kaya omega-3, dan juga vitamin D.

loading...
Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu pada Awal Kehamilan | admin | 4.5