Makanan dan Minuman untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Bahan Alami untuk Memutihkan GigiSiapa yang tidak ingin memiliki gigi yang putih dan bersih? Semua tentu menginginkannya.

Gigi putih dan bersih tidak hanya sekedar untuk menjaga penampilan, namun gigi yang putih berkilau juga menandakan gigi sehat. Walau saat ini sudah ada banyak produk pemutih gigi, namun gigi yang putih sehat sebenarnya bisa didapat dengan makanan tepat.

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang baik dikonsumsi karena bisa membantu memutihkan gigi secara sehat dan alami:

1. Apel
Buah apel memiliki tekstur daging yang renyah sehingga bisa menghilangkan plak dan noda di gigi. Kandungan air dalam buah apel juga mendorong produksi liur di mulut sehingga membantu menetralisir bakteri.

2. Stroberi
Selain vitamin C, buah stroberi memiliki kandungan senyawa alami berupa asam malat, yaitu senyawa alami yang membantu menghindari perubahan warna gigi. Kombinasi stroberi dan soda kue bisa dijadikan ramuan untuk memutihkan gigi secara alami.

3. Pir
Buah pir bisa membantu menghilangkan bau napas yang tidak enak bahkan mencegah terbentuknya koloni bakteri di gigi. Buah pir juga memiliki kandungan air yang hampir berperan sama seperti apel yaitu menstimulasi produksi liur dalam mulut.

4. Jeruk
Kandungan asam pada buah jeruk bisa membuat gigi tampak lebih putih. Namun, mengonsumsi jeruk dalam jumlah banyak akan merusak enamel gigi. Agar gigi tidak rusak karena konsumsi buah jeruk, konsumsilah dalam porsi yang pas.

5. Bawang Merah
Meski bawang merah menyebabkan napas menjadi bau, namun ternyata rempah ini bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Cobalah makan bawang merah, lalu segera sikat gigi. Bawang merah tidak memiliki warna sehingga tidak akan menimbulkan noda di gigi.

6. Biji-bijian dan kacang-kacangan
Biji-bijian dan kacang-kacangan juga baik bagi kesehatan gigi. Makanan ini mampu mengikis plak yang terdapat di gigi sehingga bisa memutihkan gigi secara alami. Teksturnya yang kasar membantu menguatkan gusi.

7. Seledri dan Wortel
Kandungan air yang cukup tinggi pada seledri dan wortel membantu produksi liur. Liur dalam mulut mencegah sisa makanan bersarang di gigi. Makanan-makanan yang renyah bisa membuat gusi kuat.

8. Brokoli
Sayuran hijau ini berperan sebagai sponge gigi. Setiap kunyahan brokoli akan membersihkan noda dan plak di permukaan gigi. Selain itu, brokoli juga tidak akan meninggalkan sisa saat selesai dikunyah.

9. Susu Sapi Segar
Berbagai jenis olahan susu sapi seperti keju, susu, dan yogurt mengandung kalsium. Kalsium adalah mineral yang berguna untuk menguatkan gigi bahkan gusi. Tiga olahan susu ini tidak berwarna sehingga tidak akan menimbulkan noda di gigi. Namun tidak selamanya makanan berkalsium baik untuk gigi. Makanan tertentu seperti bayam justru membuat noda pada gigi anda.

10. Air Putih
Air putih bisa membantu gigi tetap putih karena bisa menurunkan kadar asam dalam mulut. Air putih juga bisa melindungi email gigi. Setelah anda meminum minuman berwarna, jangan lupa untuk berkumur dengan air putih untuk menghindari kerusakan email gigi.

loading...
Makanan dan Minuman untuk Memutihkan Gigi Secara Alami | admin | 4.5