Makanan dan Minuman Sumber Kalsium Pengganti Susu

Selama ini kita tahu bahwa susu merupakan sumber asupan kalsium bagi tubuh yang sangat baik. Namun tahukah anda bahwa kalsium tidak hanya bisa diperoleh dari susu?

Fungsi kalsium sangat penting untuk pertumbuhan manusia, mulai sejak masa kehamilan bayi, bahkan hingga masa tua. Karena kalsium merupakan salah satu unsur terpenting dalam pembentukan, pertumbuhan hingga memperkuat tulang manusia.

Selain susu sebagai minuman sumber kalsium, beberapa jenis makanan dan minuma lain juga bisa dijadikan alternatif sumber kalsium tambahan yang bisa dicoba. Berikut adalah beberapa contoh sumber kalsium dari makanan dan minuman sebagaimana yang dikutip dair laman Times of India:

1. Kacang Almond

Selain penuh gizi, kacang almond memiliki banyak nutrisi per kalorinya. Kandungan kalsium dan juga mengandung potasium, vitamin E, dan zat besi.

Gunakan kacang almond dalam salad atau buatlah sajian susu kacang almond.

2. Kacang
Kacang merupakan camilan sehat, begitupun kacang hitam juga mengandung kalsium dan zat besi. Gunakan kacang ke dalam sajian pasta atau sayuran.

Selain itu, kacang-kacang ini juga dapat dikonsumsi sebagai minuman kacang dengan rasa yang bervariasi.

3. Buah Ara

Buah Ara kering merupakan kemasan buah yang dapat dijadikan camilan manis. Kaya akan antioksidan, serat dan kalsium dapat Anda konsumsi sebagai camilan di siang hari atau dapat Anda sajikan bersama buah-buahan lainnya.

4. Jeruk

Jeruk merupakan buah kaya akan vitamin C dan kalsium, jeruk juga merupakan buah yang sering dikonsumsi saat pagi hari.

Rasa jeruk yang segar dapat Anda campurkan dengan hidangan selanjutnya.

5. Biji wijen

Biji wijen dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan melawan kanker. Gunakan biji wijen pada salad atau sayuran Anda.

Itulah beberapa contoh jenis minuman dan makanan yang alami untuk meningkatkan kalsium dalam tubuh anda. Semoga bermanfaat.

loading...
Makanan dan Minuman Sumber Kalsium Pengganti Susu | admin | 4.5