Macam-macam Penyakit Kulit

Gatal, Contoh Penyakit KulitAda banyak jenis dan macam penyakit kulit. Hampir semua jenis penyakit kulit akan membuat si penderita merasa malu dan minder. Pasalnya, sebagian besar penyebab penyakit kulit adalah faktor kurangnya menjaga kebersihan. Walau ada juga yang disebabkan karena alergi.

Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit kulit yang paling umum:

Jerawat
Biasanya jerawat muncul pada mereka yang usia remaja. Penyebab jerawat adalah karena terhalangnya pori pori pada tubuh oleh minyak, kulit mati, dan atau bakteri. Selain karena faktor kebersihan, jerawat juga bisa muncul karena stres. Ada 3 jenis jerawat, yaitu jerawat biaya, jerawat batu dan komedo. Jerawat paling sering muncul di wajah, namun ada juga jerawat yang muncul di punggung.

Panu
Ciri panu yang paling umum adalah adanya bercak putih di kulit yang bila digaruk maka warnanya akan semakin putih dan ketika berkeringat akan terasa semakin gatal. Penyakit panu adalah jamur pityrosporum ovale. Obat panu sekarang sudah banyak dijual. Selain dengan bahan kimia, cara mengobati panu juga dengan menggunakan bahan alami, yaitu lengkuas, bawang putih atau bisa juga dengan belerang.

Kudis dan Kurap
Walau kudis dan kurap adalah dua penyakit yang berbeda, namun orang lebih sering menyebutnya hanya dengan nama ‘kudis’ atau ‘kurap’ saja.

Kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk dan menyerang orang yang kurang menjaga kebersihan. Gejala kudis yang umum adalah munculnya rasa gatal yang hebat pada malam hari, terutama di sela-sela tubuh seperti jari tangan atau ketiak. Kudis sangat mudah menular ke orang lain secara langsung melalui sentuhan atau penggunaan barang yang sama seperti handuk atau pakaian.

Sementara kurap disebabkan oleh jamur. Gejalanya kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berair, dan terasa gatal, kemudian timbul bercak keputih-putihan. Bagian tubuh yang biasanya terserang kurap yaitu tengkuk leher dan kulit kepala.

Bisul
Bisul adalah infeksi kulit berupa benjolan, tampak memerah, yang kemudian akan membesar, berisi nanah dan terasa panas. Penyebab bisul adalah bakteri staphylococcus aureus. Walau bisa muncul di hampir semua bagian tubuh, namun lebih sering muncul di bagian tubuh yang lembab seperti lipatan paha, sela bokong, sekitar leher dan ketiak, dan juga kepala. Faktor yang meningkatkan risiko terkena bisul antara lain luka yang terinfeksi atau penggunaan kosmetika dan bahan kimia yang menyumbat pori.

Kutil
Kutil, atau biasa disebut juga dengan caplak adalah sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.Ada banyak macam bentuk kutil, besar-besar atau bisa juga kecil-kecil. Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar, bisa saja berdarah kalau lecet. Bila sudah besar biasanya bentuknya seperti bunga kol. Ada beberapa cara mengobati kutil, salah satunya adalah dengan asam salisilat.

Campak
Campak adalah jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus. Gejala awal campak biasanya dimulai dengan demam, bersin, pilek, sakit kepala, badan terasa lesu, dan nafsu makan berkurang. Setelah beberapa hari gejala muncul, ruam merah yang gatal akan bertambah besar dan tersebar ke beberapa bagian tubuh.

Sebenarnya masih ada banyak lagi macam-macam penyakit kulit, misalnya adalah eksim dan herpes.

loading...
Macam-macam Penyakit Kulit | admin | 4.5