Lakukan 6 Kebiasaan Baik Ini untuk Mencegah Penyakit Datang

Gambar Cara Mencuci TanganMelakukan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari akan membantu anda terhindar dari berbagai serangan penyakit. Tak perduli apakah anda itu seorang remaja, wanita pekerja, atau mungkin juga ibu rumah tangga, anda bisa mencegah berbagai penyakit dengan menerapkan kebiasaan baik dalam kehidupan keseharian.

Apa saja kebiasaan baik yang harus anda lakukan setiap hari untuk mencegah datangnya penyakit tersebut? Seperti yang dikutip dari laman Magforwomen, berikut ini ulasan lengkapnya:

1.Sering mencuci tangan
Salah satu kebiasaan baik paling penting untuk lakukan setiap hari adalah mencuci tangan. Dengan sering mencuci tangan, ini akan membunuh bakteri yang menempel ditangan dan mencegah terjadinya infeksi. Kapan harus kita harus mencuci tangan? Mencuci tangan sebaiknya kita lakukan setiap akan dan setelah makan, bersentuhan dengan orang lain yang tampak kotor, setelah pulang dari gym, memasak makanan, setelah memegang hewan peliharaan, habis membersihkan sampah dan setelah menggunakan toilet. Jangan lupa, biar lebih mudah dan praktis, bawalah selalu pembersih tangan dalam tas anda untuk membantu agar tangan tetap dan selalu bersih.

2. Bersihkan bahan sebelum dimasak
Buah-buahan, sayuran dan daging harus anda bersihkan sebelum dimasak. Termasuk juga membersihkan peralatan masak. Buah yang anda beli dari pasar tidak boleh langsung anda makan, namun harus dicuci dulu. Begitu juga dengan sayur, harus anda cuci sebelum dikonsumsi. Saat mengolah daging, pastikan daging sudah dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak, pastikan juga bahwa daging benar-benar matang saat memasaknya. Daging harus benar-benar matang saat memasaknya untuk kemungkinan seseorang mengalami penyakit perut dan penyakit usus lainnya.

3. Menjaga kebersihan rumah
Menjaga kebersihan adalah hal yang harus anda lakukan bila ingin terhindar dari penyakit, tak perduli bagaimana sibuknya aktivitas keseharian anda. Gunakan valkum untuk membersihkan kursi atau karpet dari debu, menggosok noda yang “membandel” di dapur serta membersihkan kamar mandi dari segala jenis kotoran.

4. Upaya perlindungan selama terkena suata penyakit
Kebersihan yang baik juga mencakup kebutuhan kesehatan saat seseorang jatuh sakit. Misalnya jika anda sedang menderita flu, gunakanlah sabun antibakteri dan peralatan terpisah dari mereka yang tidak terkena flu. Penyakit flu bila tidak segera ditangani dengan bijak bisa menular ke orang lain. Melakukan upaya pelindungan akan memastikan bahwa penyakit seseorang dalam keluarga tidak memengaruhi semua orang.

5. Mandi secara teratur
Anda mungkin sudah terbiasa dengan mandi secara teratur setiap hari, namun bagaimana bila saat musim dingin? Tak perduli apakah musim dingin atau karena lupa, mandi adalah hal pertama yang harus selalu anda lakukan sesaat sebelum ingin memulai kegiatan dan mengakhiri kegiatan. Melakukan kebiasaan mandi dan berkumur dengan sabun antibakteri memastikan bahwa anda menyingkirkan semua kuman yang telah terakumulasi seharian penuh. Bahkan jika belum menyentuh sesuatu yang kotor, anda mungkin telah mengumpulkan kuman karena keringat yang diproduksi tubuh anda sendiri. Mandi tidak hanya akan membuat tubuh anda merasa segar dan lincah, namun juga akan membuat tubuh tetap sehat.

6. Bersihkan pinggiran rumah Anda
Pinggiran dan sekitar rumah juga harus anda perhatikan kebersihannya. Jadi, menjaga kebersihan tidak hanya sebatas di dalam rumah saja. Bersihkan teras, garasi, halaman belakang dan jalan yang kotor dari berbagai kotoran, baik itu kotoran unggas, sampah atau kotoran lainnya.

loading...
Lakukan 6 Kebiasaan Baik Ini untuk Mencegah Penyakit Datang | admin | 4.5