Kebanyakan Minum Air Bisa Berbahaya untuk Ginjal

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air untuk Kesehatan GinjalBanyak anjuran yang menyarankan untuk banyak minum air, bahkan hingga berliter-liter. Salah Beberapa manfaat air yang dikatakan adalah banyak minum air bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh serta mencegah kerusakan ginjal. Padahal ini tidaklah sepenuhnya benar.

Kebutuhan tubuh akan air masing-masing orang berbeda, tidak semuanya sama. Jumlah kebutuhan konsumsi air tergantung pada banyak hal, antara lain cuaca dan kegiatan sehari-hari (termasuk jenis, intensitas, dan frekuensi olahraga yang dilakukan). Selain itu, tubuh kita sudah dirancang dengan mekanisme alami untuk menyingkirkan racun-racun dari dalam tubuh, seperti yang dilakukan oleh organ hati, sehingga tidak perlu lagi bantuan air yang berlebihan untuk mengeluarkan racun tersebut. Organ ginjal pun memiliki mekanisme mengeluarkan air jika berlebih, atau menahan air jika tubuh kekurangan cairan.

Penting untuk Anda ingat, untuk penderita ginjal dan jantung, mengonsumsi air secara berlebihan justru tidak dianjurkan. Air yang dikonsumsi secara berlebih bisa masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan volume darah jadi bertambah, sehingga bisa membebani kerja jantung dan memaksanya untuk memompa darah lebih cepat. Juga bisa mendesak ginjal untuk bekerja lebih keras dari yang seharusnya, sehingga justru membahayakan.

Lalu, berapa jumlah idealnya minum air? Minumlah air sebelum benar-benar haus, sekitar 1,5 liter per hari. Minum air juga jangan langsung banyak sekaligus.

loading...
Kebanyakan Minum Air Bisa Berbahaya untuk Ginjal | admin | 4.5