Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Siwalan

Gambar, Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Siwalan atau Buah LontarPohon siwalan atau yang dikenal dengan pohon lontar ini pada umumnya tumbuh di wilayah Asia Selatan dan juga Asia Tenggara. Pohon siwalan sendiri relatif tinggi menjulang hingga ketinggian 15-30 m dengan daun-daun besar, terkumpul di ujung batang membentuk tajuk yang membulat.

Buah siwalan pada umumnya bergerombol dalam tandan, hingga sekitar 20 butir, bulat peluru berdiameter 7-20 cm, hitam kecoklatan kulitnya dan kuning daging buahnya bila tua. Berbiji tiga butir dengan tempurung yang tebal dan keras.

Daging buah ini lebih tebal seperti nata de coco dan buah ini tidak mempunyai tempurung yang keras seperti kelapa. Rasa tidak terlalu manis dan sangat lezat untuk dimakan. Pada umumnya buah siwalan ini dijadikan buah untuk campuran minuman segar.

Daging buah yang tua, berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. Cairan kekuningan diambil untuk dijadikan campuran panganan atau kue – kue atau untuk dibuat menjadi selai.

Kandungan Nutrisi Buah Siwalan

Dalam 100 gr buah siwalan, mengandung Total gula 10.93, Gula reduksi 0.96, Protein 0.35, Nitrogen 0.056, pH 6.7-6.9, Specific gravity 1.07, Mineral sebagai abu 0.54, sedikit kalsium, Fosfor 0.14, Besi 0.4, Vitamin C 13.25 dan Vitamin B1 (IU) 3.9

Manfaat Buah Siwalan

Dari banyaknya kandungan gizi dari buah siwalan, dapat dimanfaatkan untuk:

  1. Untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.
  2. Buah siwalan bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis, bagian buah untuk obat satu ini adalah bagian buahnya.
  3. Akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.
  4. Kandungan buah siwalan berupa sukrosa, air dan glukosa dapat dijadikan sumber karbohidrat bagi tubuh yang rendah akan lemak, protein maupun serat.
  5. Bagian dari akar buah siwalan berguna untuk obat cacing dan melancarkan air seni. Merebus akar yang masih muda dan meminum air rebusannya juga bisa menjadikannya obat pada penyakit berupa gangguan pernapasan
  6. Legen atau nira yang telah difregmentasi mampu membantu menormalkan kerja fungsi ginjal, mengobati impotensi karena legen ini bersifat menambah air mani dalam tubuh.

Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari buah siwalan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

loading...
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Siwalan | admin | 4.5