Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pamelo

Gambar, Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pamelo atau Jeruk BaliBuah Pamelo atau lebih dikenal dengan sebutan jeruk bali memiliki nama ilmiah Latin Citrus maxima. Pamelo sendiri memiliki ciri khas yakni berukuran besar, memiliki rasa segar dan daya simpan yang lama sampai empat bulan.

Pada umumnya buah pamelo memiliki warna kulit hijau sampai kekuningan dengan warna daging buah bervariasi mulai dari putih, putih kemerahan, merah sampai merah tua. Buah pamelo ini memiliki kandungan air yang cukup banyak, dengan jumlah biji relative sedikit.

Kandungan Gizi/ Nutrisi Buah Pamelo

Buah Pamelo ini dapat dijadikan komponen rujak ataupun salad berbuah. Ada banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah pamelo seperti :

Likopen
Dalam 100 gram daging buah pamelo terdapat kandungan likopen sebanyak 350 mikrogram. Dimana likopen ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mampu mencegah jerawat, flek atau noda bahkan kanker kulit.

Pektin
Jika dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya, pamelo ini memiliki kandungan pectin lebih dari 3,9 persen. Dimana untuk setiap 15 gram pektin berfungsi untuk menurunkan 10 persen tingkat kolesterol.

Zat aktif pembersih darah
Pamelo memiliki zat aktif yang dapat berfungsi untuk membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit.

Kalium
Pamelo memiliki kandungan kalium relative tinggi dengan vitamin A (440 IU), bioflavonoid, dan likopen (350 ug/100g).

Vitamin C
Sama seperti family jeruk yang lainnya, pamelo memiliki kandungan vitamin C sebesar 350 mikrogram per 100 gram daging jeruk. Dimana Vitamin C ini menjadi sumber antioksidan. Selain itu pamelo juga memiliki kandungan vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat.

Manfaat Buah Pamelo

Dari banyaknya kandungan nutrisi buah pamelo, maka tidak jarang dapat dimanfaatkan untuk:

  • Dapat menurunkan kolesterol secara tajam, hal ini bisa memperkecil risiko terjadinya kanker, stroke, dan penyakit jantung
  • Sangat bagus untuk Kulit, Gusi, dan Lambung. Antioksidan yang dikandung dapat menyembuhkan luka lambung, menyehatkan gusi, menurunkan kadar lemak dan kolesterol, mengatur tingkat hematokrit tubuh, mencegah anemia, menjaga kesehatan kulit, saluran pencemaan, dan dapat mencegah konstipasi
  • Buah ini bermanfaat bagi ubu hamil karena kandungan asam folatnya yang bagus, yang mudah diserap oleh janin melalui rahim ibu. Asam folat ini bermanfaat untuk perkembangan janin dan pertumbuhannnya.
  • Dapat menekan kolesterol jahat dalam darah sehingga anda terhindari dari kolesterol yang bisa menyebabkan perkapuran pada pembuluh darah.

Itulah sekilas informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari buah pamelo atau jeruk bali. Semoga bermanfaat.

loading...
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pamelo | admin | 4.5