Kandungan Nutrisi dan Manfaat Blewah

Gambar Blewah. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Blewah untuk KesehatanBuah yang satu ini memang sudah tak asing di telinga kita. Bahkan ketika bulan Ramadhan tiba, buah ini sering dikonsumsi sebagai pelengkap buka puasa. Nah tahukah Anda mengenai blewah? Kali ini kami akan membahas mengenai apa itu blewah, manfaat dan kandungan gizinya.

Blewah yang memiliki nama latin Cucumis melo L. kelompok Cantalupensis ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Buah ini sejenis dengan melon. Namun biasanya blewah berbentuk lonjong dengan memiliki warna jingga disertai dengan bercak kehijauan. Kulitnya yang tipis, memiliki daging buah yang teksturnya cukup lembut yang memiliki rongga yang ditumbuhi biji dan serat.

Blewah sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi, serat dan juga mineral, seperti:

  • Memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi yaitu 3382IU per 100 gram buah blewah dapat memebuhi sekitar 68% kebutuhan harian akan vitamin A.
  • Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yaitu setiap 36,7 mg per 100 gram buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C Anda sebesar 61 %.
  • Memiliki mineral kalium sebesar 267 mg per 100 gram buah, sehingga dapat mencukupi kebutuhan harian kalium sebesar 8%
  • Blewah juga mengandung nutrisi folat sebesar 21 mcg per 100 gram buah, dimana Anda dapat mencukupi 5% akan kebutuhan harian folat.

Dengan banyaknya kandungan gizi, blewah memiliki banyak manfaat seperti:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Blewah mengandung Vitamin A dan C sehingga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Karena kandungan beta-karoten dapat bnerfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit.

2. Menyehatkan Mata dan kesehatan gusi
Kandungan vitamin A dapat menyehatkan mata Anda, ditambah lag mengandung vitamin C yang dapat menjaga kesehatan akan gigi dan mulut

3. Menurunkan kolesterol
Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam blewah dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah serta dapat bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan memperkuat dinding kapiler.

4. Melancarkan pencernaan
Konsumsi blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam blewah.

5. Rendah gula
Blewah memiliki indeks glikemik rendah (GI). Dimana kandungan akan fruktosa dan glukosa di dalam buah blewah berupa gula alami. Sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dan obesitas.
Demikian sekilas pengetahui mengenai buah blewah, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Blewah | admin | 4.5