Jenis-jenis Kutil yang Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis Kutil. Kutil di TanganKutil disebut juga Papilloma dalam istilah medis. Kutil sebenarnya adalah sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk kutil ini bisa bermacam-macam. Bisa besar-besar atau bisa juga kecil-kecil. Kutil memang biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit bila dipegang, dan bila sudah sangat besar, bisa saja berdarah kalau lecet. Kutil yang sudah besar biasanya bentuknya seperti bunga kol.

Jenis-jenis Kutil

Walau risiko seseorang tertular kutil dari orang lain memang kecil, bukan berarti kutil tidak bisa menular ke orang lain. Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda, maka dari itu ada orang yang langsung kutilan setelah bersentuhan, namun ada juga yang tidak menular.

Menurut ahli penyakit kulit, seperti yang dikutip dari WikiPedia, secara umum kutil digolongkan menjadi empat kelompok, common warts (verruca vulgaris), verrucas (plantar warts), plane warts (verruca plana), dan filiform warts (verucca filiformis).

1. Common warts
Adalah jenis kutil berpermukaan kasar serta teksturnya berupa benjolan menebal. Kutil jenis ini biasa disebut juga dengan istilah papula atau plak. Kutil ini sering timbul buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku.

2. Verrucas
Kutil jenis ini biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis kutil ini bisa terasa menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih disekitarnya yang mengeras.

3. Plane warts
Kutil jenis ini biasanya berbentuk bulat, datar, mulus, dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya. Lebih umum biasanya terjadi pada anak-anak dan ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

4. Filiform warts
Ciri-ciri kutil jenis ini memiliki bentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher, dan ketiak.

Sebagian besar kutil memang tidak membutuhkan perawatan medis secara khusus, karena kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya. Namun demikian, jika ternyata kutil tersebut menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, mengubah penampilan, menyebar ke daerah lain atau tumbuh kembali setelah hilang, maka sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Itulah sedikit informasi terkait jenis-jenis kutil yang sering menyerang manusia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

loading...
Jenis-jenis Kutil yang Harus Anda Ketahui | admin | 4.5