Info Penyakit: Penyakit Mata Ikan

Penyebab, Tanda, Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Mata IkanPenyakit mata ikan adalah gangguan kulit manusia yang dalam istilah medisnya disebut Clavus. Penyakit yang sering menyerang kaki ini, kadang-kadang juga menyerang pada tangan dan jari. Penyakit ini tidak terdengar elit dan terkesan biasa. Oleh karena itu, orang-orang dengan mata ikan jarang melaporkannya ke tim medis karena malu sehingga penyakit tidak segera diobati. Padahal, bilatidak segera diobati, mata ikan akan tumbuh besar.

Sebuah indikasi dari munculnya penyakit mata ikan adalah penebalan kulit karena tekanan atau gesekan benda keras. Penebalan awal kulit berfungsi untuk melindungi kulit, tetapi jika diperluas, akan menyebabkan peradangan dan nyeri. Penyakit mata ikan memiliki inti yang mirip dengan mata ikan sungguhan dimana jika disentuh terasa sakit luar biasa. Jika kondisi menjadi parah, maka Anda akan beresiko memiliki luka atau borok. Borok ini biasanya muncul di kaki, di daerah tumit.

Penyebab Penyakit Mata Ikan

Penyakit mata ikan disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Penyebab mata ikan lainnya adalah tekanan yang berlebihan dan terus-menerus pada daerah-daerah tertentu dari kulit. Penyakit ini harus ditangani dengan cepat karena jika dibiarkan Anda akan beresiko terkena infeksi ulkus. Tekanan konstan dan gesekan pada anggota tubuh dapat menyebabkan mata ikan. Seperti penggunaan palu pada tukang kayu dapat mengentalkan kulit telapak tangan dan ada risiko pertumbuhan mata ikan.

Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Jika kondisi tidak mengganggu maka biarkan saja dulu, tetapi jika mengganggu pengobatannya adalah dengan operasi. Pada dasarnya, menghilangkan mata ikan dengan melakukan operasi kecil adalah cara cepat untuk menghilangkan rasa sakit. Karena operasi kecil, dapat menghilangkan bisul yang mengganggu. Namun, jika Anda ingin mengangkat mata ikan tanpa operasi, dapat diuji dengan menerapkan salep keratolik fisheye, atau memberikan obat topikal yang dapat mengurangi lapisan GCC pada kulit tebal dimana obat ini mengandung urea, asam / malic salisilat / glycolic.

Untuk mencegah mata ikan di kaki, pertimbangkan sepatu yang digunakan dalam beberapa tahun terakhir telah nyaman atau terlalu sempit. Ganti kaus kaki secara teratur.

Sebelum pergi ke dokter, hindarilah berbagai penyebab mata ikan. Misalnya dengan tidak memakai sepatu yang terlalu sempit. Hal ini karena penyebab awal mata ikan adalah penebalan kulit, maka cara menanganinya adalah dengan mengurangi penebalan kulit.

Untuk cara pengobatan awal mata ikan, bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

Rendam kaki dengan air yang hangat yang sudah dicampur dengan sabun mandi selama sekitar seperempat jam.

Selanjutnya, gosok kulit yang menebal dengan batu apung. Jangan mengikis kulit yang menebal secara langsung, tapi lakukan secara bertahap sedikit demi sedikit dulu.

Setelah beberapa saat, angkat kaki dari rendaman dan cccuci dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.

Sebelum kaki benar-benar kering, oleskan salep yang memiliki kandungan asam salisilat 40% yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Salah satu salep yang bisa digunakan adalah salep Callusol.

loading...
Info Penyakit: Penyakit Mata Ikan | admin | 4.5