Info Penyakit: Penyakit Kolesterol

Penyebab KolesterolKolesterol merupakan komponen lemak yang ada di semua pembuluh darah pada hewan dan manusia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi bagi tubuh, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai dasar untuk pembentukan hormon steroid. Kolesterol diperlukan oleh tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Kolesterol baik, HDL bertugas untuk mengambil kolesterol jahat atau LDL dari darah dan membuangnya pada pada lipoprotein, untuk kembali dibawa ke hati.

Pada dasarnya kolesterol dapat diturunkan dan dicegah sebelum masuk ke kolesterol jahat dalam tubuh yang dianggap sebagai penyakit mematikan. Bahkan, kolesterol dapat diturunkan tanpa menggunakan obat-obatan psikotropika dan obat-obatan kimia.

Meningkatnya kolesterol dalam darah disebabkan oleh makan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan gaya hidup cenderung tidak teratur dan asimetris. Kontributor kolesterol tinggi yang telah berubah dalam beberapa makanan umumnya berasal dari sumber produk hewani seperti daging, susu dan telur.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu membentuk dinding sel, sebagai bahan dasar dari pembentukan hormon steroid dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kolesterol secara alami diproduksi oleh tubuh dari hati yang mewakili hingga 80% kolesterol dan 20% berasal dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Secara umum, mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh tidak menunjukkan gejala, tetapi ketika review oleh tes laboratorium dapat diketahui bahwa kadar kolesterol dalam darah telah melampaui batas normal. Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah akan memiliki efek negatif pada kesehatan dan penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti penyakit jantung, stroke, dan pembuluh darah tak stabil.

Faktor Penyebab Kolesterol

Sumber makanan yang dapat membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat adalah kuning telur, cumi-cumi, otak sapi, telur puyuh dan minuman yang sangat berbahaya adalah minuman beralkohol, seperti bir, anggur dan minuman frementasi ragi.

Ada banyak hal yang memicu timbulnya kolesterol tinggi dalam darah. Kadar kolesterol meningkat sering disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan gaya hidup tidak sehat. Berikut adalah dua faktor penting yang menjadi penyebab kolesterol tinggi, yaitu:

1. Faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan

  • Keturunan. Jika ada anggota keluarga memiliki kolesterol tinggi, ada kemungkinan bahwa anak juga memiliki kolesterol tinggi, menimpa 6 kali lebih besar dari orang tua.
  • Umur. Setelah 20 tahun, kadar kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kadar kolesterol dengan mudah meningkat setelah usia 50 tahun. pada wanita, kolesterol akan mudah naik setelah menopause.

2. Faktor-faktor yang dikendalikan

  • Memakan terlalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit dan makanan cepat saji (fast food)
  • Kegemukan
  • Kurang melakukan olahraga
  • Gaya hidup yang tak sehat
  • Diabetes mellitus
  • Minum kopi berlebihan

Itulah sedikit ulasan mengenai informasi penyakit kolesterol yang dapat kami berikan untuk saat ini. Semoga informasi tentang kolesterol tersebut dapat memberikan manfaat. Sekian dan terima kasih.

loading...
Info Penyakit: Penyakit Kolesterol | admin | 4.5