Gejala dan Tanda Wanita yang Terkena Kanker Ovarium

Tanda dan Gejala Wanita yang Terkena Kanker OvariumKanker ovarium atau indung telur adalah sebuah penyakit di mana ovarium yang dimiliki wanita memiliki perkembangan sel-sel abnormal. Kanker ovarium termasuk salah satu jenis penyakit kanker yang cukup cepat perkembangannya, karena dari stadium awal hingga stadium lanjut bisa terjadi hanya dalam satu tahun saja

Kanker ovaium termasuk salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya, bahkan British Medical Journal dan Target Ovarium Center menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu satu bulan untuk mengetahui penyakit ini, setelah gejala muncul. Namun demikian, dengan mengetahui gejala adanya kanker ovarium ini akan sangat bermanfaat agar bisa segera dilakukan pengobatan dan peluang untuk sembuh lebih besar.

Laman WikiPedia menjelaskan bahwa setidaknya ada sembila tanda atau gejala wanita memiliki kanker ovarium, diantaranya adalah:

  1. Sering marasakan nyeri di perut
  2. Ukuran perut semakin besar
  3. Susah makan atau tidak nafsu makan
  4. Sering merasa kekenyangan
  5. Sering muntah dan buang air besar
  6. Kembung terus-menerus
  7. Terjadi pendarahan pada vagina
  8. Berat badan turun secara signifikan
  9. Sering merasa lelah dan sakit kepala

Sementara itu, laman Boldsky juga menjelaskan bahwa ada enam tanda-tanda atau gejala bila wanita memiliki kanker ovarium.

1. Perut kembung
Perut akan terlihat dan terasa membesar atau kembung padahal belum makan dan minum yang banyak. Walaupun belum secara pasti bahwa perut kembung menandakan wanita memiliki kanker ovarium, namun jika hal ini terus berlanjut untuk waktu yang lama sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

2. Nyeri pada panggul dan perut
Selain perut kembung berkepanjangan, rasa sakit dan terus-menerus yang muncul pada panggul juga bisa menjadi pertanda bahwa wanita memiliki kanker ovarium. Selain itu, rasa nyeri dan sakit pada daerah perut yang berlangsung terus-menerus juga bisa menjadi gejala dari kanker ovarium.

3. Kekenyangan
Wanita akan merasa perutnya sudah kenyang walaupun hanya makan sangat sedikit. Jika wanita hanya mengonsumsi sedikit makanan dan itu sudah membuat perut terasa kenyang, maka sebaiknya segera melakukan uji untuk kanker ovarium. Walaupun hal tersebut bisa saja karena adanya faktor lain, namun tidak ada salahnya untuk memeriksakannya agar lebih aman.

4. Sering buang air kecil
Selain pada penderita diabetes, gejala sering buang air kecil juga bisa dialami oleh wanita yang menderita kanker ovarium. Buang air kecil lebih sering, terkadang-kadang lebih dari tiga atau empat kali dalam satu jam bisa menjadi tanda adanya sesuatu yang salah dengan ovarium wanita.

5. Perdarahan vagina abnormal
Ini merupakan gejala kanker ovarium yang kurang umum, namun mungkin ini bisa saja menjadi pertanda adanya pertumbuhan kanker dalam ovarium. Selain itu, terjadinya perdarahan pascamenopause dan perdarahan rektum juga tanda-tanda dari kanker ovarium. Ketika gejala-gejala tersebut bertahan selama lebih dari sebulan, maka sebaiknya segera pergi memeriksakannya ke dokter kandungan.

6. Sakit punggung, kelelahan, dan sembelit
Sakit pada punggung dan sering merasa kelelahan memang bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lain dalam tubuh, namun demikian ini juga bisa menjadi gejala adanya kanker ovarium. Oleh sebab itu, disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter untuk diuji dan memastikannya.

loading...
Gejala dan Tanda Wanita yang Terkena Kanker Ovarium | admin | 4.5