Daftar Sayuran Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayuran untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau HipertensiTekanan darah tinggi atau yang kita kenal dengan istilah hipertensi adalah suatu kondisi medis kronis dimana tekanan darah di arteri meningkat. Adanya peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Pada kondisi normal, tekanan darah seseorang saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Sementara seseorang dianggap memiliki tekanan darah tinggi bila tekanan darah terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi termasuk dalam kategori yang berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit jantung hingga kematian bila tidak segera ditangani dengan serius. Karena itu, bila seseorang sudah terdiagnosa mengalami tekanan darah tinggi, maka harus segera dilakukan upaya untuk menurunkan tekanan darah.

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan sayuran. Berikut ini ulasan mengenai daftar sayuran untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

1. Wortel
Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan masalah jantung. Nah, bila tekanan darah tinggi anda sudah pada tahap hingga menyebabkan penyakit jantng, maka perbanyaklah konsumsi wortel. Kenapa wortel? Karena di dalam sayuran wortel terkandungzat beta-karoten dan kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan denyut jantung dan fungsi ginjal. Hasilnya adalah anda bisa mengelola tekanan darah agar terkontrol dengan baik.

2. Seledri
Seledri tidak hanya mengandung kalium, namun juga mengandung senyawa phthalide. Manfaat dari senyawa tersebut adalah bisa melemaskan dinding pembuluh arteri dan meningkatkan aliran darah. Senyawa itersebut juga mampu mengurangi hormon stres akibat yang ditimbulkan karena tekanan darah tinggi. Tidak hanya sampai di situ saja, namun manfaat seledri juga bisa mengelola tekanan darah saat tinggi.

3. Bayam
Bayam terkenal kaya akan kandungan magnesium yang mempinyai manfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah saat sedang tinggi. Mengonsumsi sayur bayam setiap hari akan membantu meningkatkan aliran darah dan menjaga kondisi pembuluh arteri. Hal itu akan membantu seseorang untuk mengatur dan mengelola tekanan darah tinggi.

4. Mentimun
Mentimun, timun atau disebut juga dengan ketimun adalah buah yang sekaligus bisa dijasikan sayur. Mentimun baik untuk dikonsumi bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi karena di dalam mentimun terkandung potasium, magnesium, dan serat yang bisa bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Selain dengan mengonsumsi sayuran tersebut di atas, solusi rumahan untuk mengatasi hipertensi adalah dengan mengonsumsi dalam jumlah banyak jus sayuran. Untuk menambahkan rasa, anda bisa menambahkan madu atau bisa juga dengan beberapa bumbu dapur yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi jus sayuran dua kali sehari akan menurunkan dan mengelola hipertensi seseorang.

loading...
Daftar Sayuran Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi | admin | 4.5