Daftar 7 Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi beresiko terserang berbagai penyakit berbahaya. Salah satu resiko akibat dari tingkat LDL atau kolesterol buruk yang tinggi adalah penyakit jantung. Karena itu bila anda menginginkan untuk terhindar dari serangan jantung ataupun stroke, maka anda harus berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Saat dokter mendiagnosa diri anda menderita koletserol tinggi, maka itu bukanlah akhir dari segalanya. Jangan langsung panik. Yang perlu anda lakukan adalah merubah gaya hidup buruk anda selama ini untuk menjadi lebih baik dan sehat. Salah satunya adalah dengan mulai mengonsumsi makanan yang sehat.

Makanan Penurun Koleterol yang Alami

Beberapa jenis makanan memang bisa membantu dalam menurunkan tingkat koleterol buruk dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa makanan alami untuk menurunkan kolesterol dalam darah yang bisa coba dikonsumsi:

1. Fenugreek seed
Fenugreek seedmerupakan biji-bijian yang kaya akan steroid saponin yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol di tubuh yang masuk melalui makanan kaya lemak yang kita konsumsi. Selain itu, Saponin berperan dalam mengurangi produksi kalosterol di tubuh.

Bersama dengan serat pada biji fenugreek membentuk methi yang menjadi senjata berharga dalam memerangi kolesterol tinggi atau trigliserida.

Tips penyajian: Masukkan biji-bijian ini ke dalam wajan dan panggang kering menggunakan api sedang selama sekitar dua menit dengan pengadukan konstan. Biarkan biji dingin dan kemudian buat menjadi bubuk. Tambahkan satu sendok teh bubuk biji ini ke dalam air panas atau dingin dan lakukan sekali atau dua kali dalam sehari. Anda juga bisa menaburi bubuk biji ini pada akhir masakan sayuran apabila tak keberatan dengan sedikit rasa pahit.

2. Flaxseed (biji rami)
Flaxseed merupakan sumber yang kaya asam lemak omega 3 yang melindungi kesehatan jantung. Sama halnya dengan fenugreek, biji ini mengandung banyak serat dan mengikat kolesterol, mencegah penyerapan. Konsumsi flaxseed secara teratur bisa mencegah arteri dari pengerasan akibat pengendapan kolesterol Ini juga mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan hipertensi.

Biji rami juga memiliki efek meningkatkan konsentrasi apolipoprotein A1 yang membentuk kolesterol HDL.

Tips penyajian: Tumbuk biji rami dan tambahkan ke dalam makanan Anda di akhir proses masak. Meskipun tak akan rusak oleh panas, serat dalam biji rami bisa menyerap cairan dan bisa menebal apabila ditambahkan dalam tahap awal masak. Taburkan bubuk biji rami ke sereal, sayuran yang dimasak.

Halaman: 1 2
loading...
Daftar 7 Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol | admin | 4.5