Daftar Makanan untuk Mencegah Perut Kembung

Makanan Pencegah Perut KembungPerut kembung tidak hanya membuat perasaan jadi tidak nyaman, namun perut kembung juga bisa merusak mood seseorang.

Perut terasa kembung sebenarnya dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Perut kembung belum tentu selalu disebabkan oleh karena adanya produksi dari gas yang terlalu banyak, namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Saat ini sudah ada jenis obat untuk perut kembung yang dijual di apotek atau toko obat. Namun apabila anda kurang begitu menyukai obat instan yang dijual di apotek, anda bisa menggunakan cara yang alami untuk mencegah perut kembung.

Untuk mengurangi perut kembung salah satunya adalah dengan menerapkan pemilihan makanan yang tepat yang disertai dengan perubahan gaya hidup. Adapun beberapa jenis makanan yang bisa mencegah perut kembung diantaranya:

1. Nasi
Nasi merupakan bahan makanan sumber karbohidrat. Kabar baiknya, jenis karbohidrat yang ada dalam nasi ini bisa dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung, demikian menurut American College of Gastroenterology.

2. Pisang (Kalium)
Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa memicu perut kembung. Untuk melawan efek garam, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kalium. Salah satu makanan sumber kalium adalah pisang. Sebagai contoh bila anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, maka cobalah mengonsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

3. Yogurt (probiotik)
Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah perut kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, apabila anda ingin mendapatkan rasa manis, maka hindari pemakaian gula pada yoghurt anda, sebaiknya anda kombinasikan dengan buah-buahan.

4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint bisa mengaktifasi jalur ‘anti-nyeri’ di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat cobalah mengonsumsi teh peppermint yang bisa menenangkan saluran pencernaan.

5. Timun (diuretik natural)
Timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun termasuk buah yang kaya akan kandungan air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang secara otomatis hal ini akan membuat anda mudah menurunkan berat badan.

6. Pepaya
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah banyak mengandung getah putih yang dinamakan dengan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative, obat pencahar alami yang berfungsi membantu meringankan sembelit. Sehingga sisa makanan yang ada dalam perut bisa segera dikeluarkan.

Sesekali merasakan perut kembung adalah hal yang normal, dan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan di atas. Namun apabila sekiranya kembung yang anda rasakan sudah cukup parah, maka anda bisa segera melakukan konsultasi dengan dokter atau tim medis.

loading...
Daftar Makanan untuk Mencegah Perut Kembung | admin | 4.5