Contoh Makanan untuk Melancarkan Pencernaan

Salah satu tanda sistem pencernaan yang berjalan lancar adalah ditandai dengan buang air besar secara teratur. Dengan BAB yang dilakukan secara teratur, maka hal itu bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Menjaga kondisi perut agar bisa buang air besar secara rutin dan teratur caranya yaitu dengan menjaga gerakan usus besar. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang bisa membantu permasalahan dalam pencernaan sangat penting untuk dicoba.

Bagi anda yang selama ini mungkin punya masalah dengan pencernaan, maka anda bisa mencoba sejumlah makanan yang bisa melancarkan proses pencernaan berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Times of India.

1. Tangkai brokoli

Batang brokoli dengan atas daun bawang yang berserat, ujung belakang asparagus dan kulit apel mengandung serat yang tinggi.

Kandungan serat tinggi sangat berfungsi untuk pencernaan yang sehat.

2. Jahe

Jahe sering disebut sebagai obat segala penyakit. Jahe dapat merangsang pencernaan, membantu untuk meringankan gas yang tidak nyaman dan rasa kembung diperut.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama kacang hitam merupkan sumber serta yang sangat baik.

Setelah kacang-kacangan tersebut larut dalam tubuh karna dorongan air, bakteri sehat dalam usus memfermentasi serat menjadi asam lemak yang memiliki kesehatan yang cukup. Seperti melayani sebagai sumber energi untuk sel yang melapisi saluran usus.

4. Nanas

Buah nanas mengandung enzim pencernaan khusus yang disebut bromelain.

Bromelain dapat membantu mengolah protein sehingga mudah dicerna dan menyerap nutrisi.

Enzim hebat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi sakit perut dan rasa tidak nyaman dalam perut.

5. Yogurt

Pilihan yogurt yang mengandung bakteri sehat (strain) yang dapat meningkatkan gerakan usus dan membantu mempertahankan pencernaan yang sehat.

Konsumsilah dengan berbagai buah-buahan yang segar dan hindari dengan campuran yang manis.

loading...
Contoh Makanan untuk Melancarkan Pencernaan | admin | 4.5