Ciri-ciri Orang Sakit Pinggang Karena Batu Ginjal

Gambar Orang Sakit Pinggang. Ciri-ciri Sakit Pinggang Karena Batu pada GinjalSakit pinggang bisa disebabkan karena beberapa hal. Beberapa contoh hal yang menyebabkan sakit pinggang misalnya cara duduk, berdiri dan bisa juga karena akibat dari pekerjaan yang kita lakukan. Selain itu keluhan nyeri pinggang juga bisa disebabkan oleh usia dan bahkan bisa juga karena faktor turunan. Bakan orang yang bermasalah dengan batu ginjal juga bisa mengalami rasa nyeri atau sakit di pinggang. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang mengalami sakit pinggang akibat terkena batu ginjal?

Menurut Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH, konsultan penyakit dalam, seperti yang dikutip dari kompas.com, nyeri pinggang yang disebabkan oleh batu pada ginjal akan memberikan gejala yang khas, di antaranya adalah;

  1. Nyeri bersifat kolik, datang tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, dan bahkan anda yang menderita ini bisa berguling-guling karena kesakitan ini.
  2. Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  3. Nyeri juga sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.
  4. Buang air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah.
  5. Urine punya aroma tidak enak, atau bau.
  6. Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.
  7. Buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi, penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.

Meski demikian, bila seseorang mengalami gejala seperti diatas belum bisa dipastikan bahwa orang tersebut mengalami sakit pinggang akibat batu pada ginjal. Untuk memastikannya maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, atau paling tidak X-ray dan USG.

Namun perlu diingat juga bahwa batu ginjal sering kali tidak memberikan gejala apa-apa atau tidak begitu mencolok sehingga sering diabaikan oleh penderita. Adapun cara untuk mencegah batu ginjal bisa dilakukan dengan banyak minum air putih, mengurangi konsumsi gula dan garam, dan setiap 30-60 menit kita duduk, sebaiknya kita bangkit.

loading...
Ciri-ciri Orang Sakit Pinggang Karena Batu Ginjal | admin | 4.5